UPT Pendidikan Caringin, Sukirno: PPDB 2017, Wajib Terapkan Sistem Zonasi

CARINGIN, BOGOR | PARSIAL.COM – Kepala Sub Bagian (Kasubag) Tata Usaha (TU) Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pendidikan Caringing, Sukirno menghimbau kepada pihak sekolah mulai dari tingkat SDN, SMPN dan SMAN sederajat untuk menerapkan sistim zonasi dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2017-2018.

“Ini berlaku bagi sekolah negeri yang ada di wilayah Caringin, wajib menerapkan sistem zonasi. Artinya, pihak sekolah wajib menerima semua calon siswa yang berdomisili di wilayah zona sekolah,” kata Sukirno kepada Parsial.com di ruang kerjanya, Selasa (4/7/2017) pagi.

Hal itu, diakui Sukirno, bagian dari implementasi Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) nomor 17/2017 tentang PPDB sistem zonasi.

Sukirno menambahkan, terdapat enam skema dalam PPDB dengan sistem zonasi tersebut di antaranya, 1. Skor 30, untuk zona satu RT dengan sekolah.
2. Skor 24 untuk zona RW dengan sekolah.
3. Skor 18 untuk zona satu desa/kelurahan dengan sekolah.
4. Skor 12 untuk zona satu kecamatan dengan sekolah.
5. Skor 6 untuk zona satu kabupaten dengan sekolah.
6. Skor 0 untuk zona luar kabupaten.

“Syarat PPDB yaitu akumulasi zonasi dengan nilai ujian sekolah. Dan bila terdapat nilai yang sama, maka sebagai syarat penentunya adalah nilai Bahasa Indonesia,” tegasnya.

Sukirno meyakini, dengan sistem zonasi tersebut, maka akan menghilangkan predikat sekolah favorit dan tidak favorit serta penumpukan siswa di sekolah tertentu.

“Jadi, sekarang semua sekolah jadi favorit,” demikian kata Sukirno.

Reporter: Agus Sudrajat
Editor: Adam Saleh

loading...

COMMENTS