Jalur Puncak Macet, Pengunjung Kebun Raya Cibodas Anjlok 30 Persen

Pengunjung wisatawan Kebun Raya Cibodas. Foto: Dedy/Parsial.com

CIANJUR | PARSIL.COM – Setiap tahun, jumlah kunjungan wisatawan Taman Bunga Nusantara (TBN) dan Kebun Raya Cibodas (KRC) mengalami penurunan. Angkanya mencapai 30 persen di banding pada musim lebaran Idul Fitri 2016 lalu.

Kepala Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Kebun Raya Cibodas, Teddy Setiadi menuturkan, penurunan jumlah wisatawan di Kebun Raya Cibodas diakibatkan oleh sejumlah faktor. Di antaranya masalah kemacetan yang semakin parah di jalur Puncak.

“Faktor utamanya masalah kemacetan di jalur Puncak. Banyak pengunjung yang malas berwisata ke tempat ini, karena terlalu lama di perjalanan. Bayangkan dengan jarak tempuh Bogor, Puncak-Cipanas bisa mencapai 4 jam bahkan lebih,” kata Teddy kepada Parsial.com, Sabtu, (1/6/2017).

Lanjut Teddy, faktor lain karena banyaknya lokasi wisata yang bermunculan di sepanjang jalur Puncak seperti Taman Safari Indonesia (TSI)dan Taman Wisata Matahari (TWM).

“Sudah otomatis, para wisatawan itu memilih tempat wisata yang lebih dekat dibanding yang jauh,” kata dia.

Teddy pun pesisimis sisa waktu liburan yang tinggal satu hari lagi mampu mendongkrak jumlah kunjugan wisatawan Kebun Raya Cibodas.

“Dengan sisa waktu yang hanya tinggal sehari lagi, jelas-jelas target tidak akan tercapai. Apalagi, hari ini Presiden Jokowi juga mau berkunjung kesini,” ulas Teddy.

Reporter: Dedy
Editor: Anas

loading...

COMMENTS