TPID Kota Depok Jaga Inflasi Jelang Lebaran

Rapat Koordinasi Tim Pengedali Inflasi Daerah (TPID) Kota Depok di Ruang Bougenvile, lantai 1, Gedung Balai Kota Depok, Kamis (15/6/2017). Foto: Ist/Parsial.com.

DEPOK | PARSIAL.COM – Pemerintah Kota Depok melalui Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) melakukan berbagai upaya untuk menjaga stabilitas harga pangan dan pasokan jelang hari raya Idul Fitri 1438H/2017M seperti operasi pasar murah melalui masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD), menjalin kerjasama dengan Polresta Depok dan Kodim 0508/Depok lewat paket sembako murah.

“Pemkot Depok melalui berbagai OPD sudah melakukan operasi pasar murah, salah satunya melalui Disdagin. Tak hanya itu, untuk memperkuat dalam menekan inflasi, kami juga minta bekerjasama dengan instansi lain seperti Bank, Polresta Depok, Kodim 0508/Depok dalam mengadakan paket sembako murah,” kata Kepala Bagian Ekonomi, Sekretariat Daerah (Setda) Kota Depok, Dwi Rachmapada saat Rapat Koordinasi Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID), Kamis (15/6/2017).

Ia mengimbau, masyarakat untuk tidak berbelanja berlebih dan tidak bersifat konsumtif. Karena dirinya menjamin stok pangan di Kota Depok cukup selama Ramadan dan mendekati lebaran.

“Kami imbau kepada warga Depok untuk tidak khawatir terkait stok pangan. Karena stok pangan di Depok cukup, bahkan lebih dari cukup,” ucapnya.

Lebih lanjut, dirinya merinci tingkat inflasi di Depok untuk Mei 2017 mengalami peningkatan sebesar 0,51 persen dibandingkan pada April 2017 sebesar 0,22 persen.

“Inflasi di Kota Depok untuk bulan Januari 2017 saja sebesar 0,86 persen, bulan Februari 0,57 persen, bulan Maret 0,05 persen, April 0,22 persen, dan bulan Mei meningkat sebesar 0,51 persen,” kata Dwi menambahkan.

Untuk itu, lanjut dia, sudah menjadi tugas bagi Pemerintah Kota dalam menjaga pasokan dan stabilitas harga bahan kebutuhan pokok. Supaya tingkat inflasi dapat diminimalisasi di Depok.

“Penyebab terjadinya inflasi adalah meningkatnya permintaan kebutuhan di masyarakat. Karena itu menjadi tugas bagi Pemkot Depok untuk melakukan pengendalian terhadap harga-harga kebutuhan pokok menjelang lebaran,” demikian kata Dwi.

Reporter: Eka
Editor: A.S. Nasution

loading...

COMMENTS