Puncak Macet Total, Polres Cianjur Berlakuka Satu Arah

CIANJUR | PARSIAL.COM – Guna mengurai kemacetan panjang di jalur Puncak, Polres Cianjur, Jawa Barat, memberlakukan sistem satu arah dari Cianjur menuju Bogor, Kamis (29/6/2017) sore.

Sementara itu, KBO Lantas Polres Cianjur, Iptu Muhaimin mengatakan, pihaknya mengimbau kepada pengguna jalan dari arah Bandung dengan tujuan Bogor untuk menggunakan jalur alternatif Jonggol dan Sukabumi, agar tidak terjebak antrean di Jalur Puncak.

“Satu hari sebelumnya, Jalur Puncak menuju Bogor, sempat macet total hingga delapan jam. Sehingga sempat dilakukan penuputan arus dari By Pass-Cianjur selama dua jam, untuk mencairkan antrean yang mencapai 20 kilometer,” katanya.

Untuk hari ini, tutur dia, sejak pagi hingga siang menjelang antrean kendaraan pendatang dan pemudik yang hendak kembali ke perantauaanya masing-masing mulai berbaur di Jalur Puncak sehingga volume kendaraan meningkat tajam.

Ia memperkirakan puncak arus balik di Jalur Puncak-Cianjur akan terjadi malam ini dan besok malam, dengan antrean kendaraan yang lebih panjang dari hari sebelumnya, sehingga pihaknya melakukan sejumlah rekayasa untuk menghindari macet total kedua arah.

“Menjelang sore satu arah diberlakukan untuk beberapa jam kedepan, agar tidak terjadi antrean panjang hingga malam menjelang seperti hari kemarin. Sifatnya situasional, sehingga arus dari Bogor diarahkan ke jalur alternativ dari Tol Ciawi,” katanya.

Dia menambahkan, ketika diterapkan sistem satu arah menuju Bogor, pengendara dengan tujuan Cianjur, yang terjebak antrean diimbau untuk beristirahat terlebih dulu di tempat istirahat yang sudah disediakan atau berwisata di wilayah Bogor.

“Untuk pengendara dari arah Bogor menuju Cianjur yang tetap ingin melanjutkan perjalanan dapat mengunakan jalur alternativ Jonggol atau Sukabumi dari arah Bogor. Atau berekreasi sambil menunggu jalur kembali dibuka normal,” katanya.

(Ant)

loading...

COMMENTS