Musim Mudik, Penjualan BBM Pertamina di Jabar Melonjak 49 Persen

Antrian pengendara roda dua di salah satu SPBU kawasan wisata Puncak Bogor. Foto: Dok/Parsial.com

JAKARTA | PARSIAL.COM – PT Pertamina (Persero) menyatakan bahwa hingga Kamis (22/6) malam penjualan bahan bakar minyak (BBM) di jalur mudik daerah Jawa Barat melonjak sebesar 49 persen dari biasanya.

“Kenaikan terbesar terjadi di SPBU daerah Jawa Barat yang mencapai rata-rata 49 persen, sedangkan di daerah Jawa Tengah meningkat 27 persen,” kata Direktur Pemasaran Pertamina Muchammad Iskandar melalui keterangan tertulis di Jakarta, Jumat (23/6/2017).

Iskandar mengatakan, kenaikan penjualan ini sudah diantisipasi Pertamina sehingga penyaluran BBM ke masyarakat tidak terhambat.

Pada kunjungannya ke Terminal BBM Plumpang, Iskandar memastikan penyaluran BBM pada H-3 Lebaran, yang merupakan puncak arus mudik, berjalan dengan lancar.

TBBM Jakarta Group Plumpang merupakan terminal yang melayani distribusi BBM ke 876 unit Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) area Jabodetabek, Bogor, Sukabumi, dan Puncak dengan volume rata-rata 14.800 kilolter (KL) per hari.

Sejak 10 Juni 2017 hingga Kamis (22/6), penyaluran dari TBBM Plumpang tercatat mengalami kenaikan sebesar 2,7 persen dari rata-rata kondisi normal.

Secara nasional, kenaikan penyaluran produk gasoline, yakni Premium, Pertalite, Pertamax dan Pertamax Turbo pada periode 10-21 Juni 2017 mencapai 7,15 persen dibandingkan kondisi normal 2017.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, kenaikan tertinggi terjadi di wilayah Jawa Tengah dan DIY (Marketing Operation Region IV) sebesar 11 persen dibandingkan kondisi normal atau meningkat dari 11.399 kl menjadi 12.696 kl.

Untuk mengantisipasi kenaikan konsumsi BBM, Pertamina telah menambah stok BBM, menambah jumlah armada mobil tangki, menyiagakan 50 titik Kios Pertamax, 83 motor Satgas BBM dan 9 Mobile Dispenser.

Selain itu Pertamina juga menyiapkan 10 titik Serambi Pertamax yang dilengkapi dengan beragam fasilitas, seperti mushola, ruang bermain anak, ruang menyusui serta Wi-Fi gratis untuk pemudik yang ingin beristirahat.

Sejumlah tips dari Pertamina yang harus diperhatikan pemudik, yaitu mengisi BBM penuh sebelum melakukan perjalanan jauh, mengisi ulang jika BBM sudah tinggal separuh, menggunakan aplikasi Pertamina GO untuk mengetahui lokasi SPBU, Serambi Pertamax, dan Kios Pertamax terdekat serta mengubungi layanan pusat kontak Pertamina 1-500-000 jika mengalami kendala.

(Ant)

loading...

COMMENTS