Lurah Cirimekar Gelar Bukber dan Santunan Anak Yatim

Suasana pembagian santunan kepada 60 orang anak yatim yang di pimpin langsung oleh Lurah Cimekar, Budi Riva, Selasa (20/6/2017). Foto: Wandona/Parsial.com.

CIBINONG, BOGOR | PARSIAL.COM – Menjelang H-4 hari raya Idul Fitri 1438H/2017M, Lurah Cirimekar, Budi Riva mengandeng organisasi karang taruna (OKT) menggelar acara buka puasa bersama (Bukber) sekaligus memberikan santunan kepada 60 orang anak yatim di lingkungan kelurahan tersebut.

Acara yang di gelar di Kantor Kelurahan Cimekar ini, diawali dengan pembacaan ayat suci Al-quran, kemudian di lanjutkan dengan Tausiah yang di sampaikan langsung oleh Ustadz Burhan. Lalu menyusul acara berikutnya yaitu berbuka puasa bersama dan dilanjutkan dengan sholat Magrib berjamaah.

Sebelum masuk kepada pokok acara, terlebih dahulu Ketua Panitia Idham menyampaikan laporan terkait jumlah dana yang berhasil terkumpul dari para donatur masing-masing RW yaitu sebesar Rp13.100.000,-. Yang selanjutnya dana tersebut akan di serahkan langsung kepada 60 orang anak yatim. Meskipun, tidak semua peserta bisa hadir dana tersebut tetap akan didistribusikan kepada mereka yang tidak hadir pada kegiatan itu.

“InsyaAllah, walaupun tidak semuanya bisa hadir, dana akan tetap akan kami distribusikan kepada mereka yang tidak hadir hari ini,” kata Idham.

Sementa itu, dalam tausyiahnya ustazd Burhan menyampaikan hukum menyantuni anak yatim itu adalah wajib, terutama bagi yang mampu.

“Hukum menyantuni anak yatim itu adalah wajib bagi mereka yang mampu, termasuk memperhatikannya pun wajib, karena jika tidak, maka kita termasuk dalam golongan orang-orang munafik,” tegas Burhan.

Di tema lain, Burhan mengatakan tentang keutamaan menyantuni anak yatim, diibaratkan dua jari tengah dan jari telunjuk yang artinya kata Burhan memiliki derajat yang sama.

“Rasulullah mengibaratkan keutamaan dari menyantuni anak yatim itu, ibarat dua jari yaitu jari tengah dan jari telunjuk. Artinya, sama-sama memiliki derajat yang sama. Maka beruntunglah bagi mereka yang mampu menyantuni anak yatim, karena wujud kecintaan kita kepada Allah dan Rasulullah,” sebut Burhan.

Diakhir acara, Lurah Cirimekar Budi Riva menambahkan, bahwa kegiatan tersebut merupakan agan rutin tahunan yang di selenggarakan oleh pemerintah Kelurahan Cirimekar.

“Kegiatan ini sudah menjadi agenda tahunan kami. Dan alhamdulillah, setiap tahun jumlah donatur terus meningkat. Mudah-mudahan para donatur ini senantiasa mendapatkan hidayah dan pahala dari Allah SWT. Dan bagi anak-anak yatim, selalu diberikan kemudahan dalam hidupnya,” harap lurah.

Turut hadir dalam acara santunan tersebut diantaranya, Lurah Cirimekar, Budi Riva, Ketua MUI Kelurahan Cirimekar, Utstadz Burhan, Binmas, Babinsa, anggota karang taruna Cirimekar dan para undangan anak yatim selaku penerima santunan.

Reporter: Wandona
Editor: A.S. Nasution

loading...

COMMENTS