Kota Depok Lestarikan Olahraga Tradisional Lewat Perlombaan

DEPOK | parsial.com — Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan, dan Pariwisata (Disporyata) Kota Depok kembali akan menggelar Lomba Olahraga Tradisional Tingkat Kota Depok. Kegiatan tersebut ditujukan tidak hanya sebagai ajang mencari prestasi semata, tapi juga bertujuan untuk melestarikan olahraga tradisional Indonesia di kalangan anak-anak.

Kepala Bidang Olahraga Disporyata Kota Depok, Mohammad Fahmi menjelaskan, kegiatan ini akan diikuti oleh anak usia Sekolah Dasar (SD). Nantinya masing-masing kecamatan di Kota Depok akan mengirimkan perwakilan untuk mengikuti lomba tersebut pada Sabtu, 22 Juli 2017.

“Ini merupakan salah satu upaya kami untuk memperkenalkan kepada anak-anak. Olahraga tradisional ini merupakan salah satu kekayaan budaya Indonesia yang patut untuk dilestarikan,” tuturnya, Kamis (08/06/2017).

Lomba yang rencananya akan dilaksanakan di Stadion Merpati Depok ini, dikhususkan bagi juara-juara di tingkat Unit Pelaksana Teknis (UPT) Taman Kanak-Kanak dan SD di setiap kecamatan. Fahmi menyebutkan, bagi juara tingkat kota akan mewakili Kota Depok di tingkat provinsi.

Adapun jenis olahraga tradisional yang akan dilombakan meliputi, terompah panjang, bakiak, balap karung, engrang, gasing, dagongan, tarik tambang, serta lari balok.

Melalui pekan olahraga ini, Fahmi berharap, ke depan anak-anak di Kota Depok dapat memperkenalkan dan kemudian mengembangkan berbagai permainan tradisional. Terlebih, saat ini olahraga tradisional itu sudah mulai langka dimainkan.

“Semoga dengan diadakan acara ini mengingatkan kembali kepada masyarakat, terutama kepada anak-anak. Agar olahraga tradisional ini tidak kian tenggelam, karena banyak olahraga modern yang bermunculan,” harapnya.
sumber

loading...

COMMENTS