Kelompok Ternak Bina Mandiri Dikunjungi Dinas Peternakan Jabar

Tim penilai Lomba Agri Bisnis Peternakan Provinsi Jawa Barat (Jabar), saat mengunjungi kelompok ternak sapi perah Bina Mandiri di Kampung Tajur Halang, Desa Tajur Halang, Kecamatan Cijeruk Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Rabu (14/6/2017). Foto: Herman/Parsial.com

CIJERUK, BOGOR | PARSIAL.COM – Kunjungan tim penilai Lomba Agri Bisnis Peternakan Provinsi Jawa Barat (Jabar), mengunjungi kelompok ternak sapi perah Bina Mandiri di Kampung Tajur Halang, Desa Tajur Halang, Kecamatan Cijeruk Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Jabar Andri Alfiana menjelaskan, pihaknya menggelar lomba agri bisinis tersebut sebagai upaya pemerintah dalam pengembangan usaha peternakan, baik sapi potong maupun sapi perah. Hal itu, tak lain untuk mendorong para petani ataupun kelompok ternak dalam mensejahterakan masyarakat desa.

“Tahun ini Kabupaten Bogor memiliki kelompok ternak sapi perah, kami akan nilai dari hulu ke hilir. Mulai dari pemberian pakan, pengelolaan hingga pendistribusian hasil panen. Setelah itu baru akan kami berikan nilai sesuai dengn kriteria yang kami buat,” ujarnya kepada Parsial.com, Rabu (14/6/2017).

Tak hanya itu, selain menggelar perlombaan, pihaknya juga bakal mengadakan pameran peternakan. Para peternak di Jabar akan diundang dan memarkan hasil pertanian dihadapan semua undangan. Pada acara tersebut, para peternak juga akan mendapatkan ilmu dari berbagai pelaku tenah di Jabar.

“Para peternak bisa sharing informasi mengenai dunia peternakan. Belum lagi, mereka akan mendapatkan motivasi langsung jika dengan beternak bisa menghasilkan pundi rupiah yang tak sedikit,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua Kelompok Ternak Munawar merasa bersyukur karena kelompok petani yang dipimpinnya bisa ikut lomba tingkat provinsi.

“Lomba ini bisa menjadi pecutan semangat bagi para pelaku ternak. Khususnya para anggota kami yang tergabung dalam Kelompok Ternak Bina Mandiri,” demikian kata Munawar.

Reporter: Herman
Editor: A.S. Nasution

loading...

COMMENTS