IDI Depok Berbagi Tips Ala Sehat Mudik Lebaran

Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Kota Depok, Sukwanto Gamalyono. Foto: Ist

KOTA DEPOK | PARSIAL.COM – Ketua Ikatan Dokter Indonesia, Kota Depok, Sukwanto Gamalyono berbagi tips ala sehat mudik lebaran.
Menurut dia, sejumlah persiapan harus diperhatikan oleh para pemudik sebelum melakukan perjalanan. Diantaranya adalah diupayakan agar para pemudik dapat tidur nyenyak minimal enam jam sebelum keberangkatan.

“Selain itu, jangan melakukan perjalanan dalam keadaan lapar. Sebisa mungkin ada asupan makanan bergizi yang dikonsumsi sebelum melakukan perjalanan. Perbanyak unsur karbohidrat dan protein yang merupakan sumber tenaga bagi para pemudik,” kata Gamal, biasa ia disapa, Kamis (22/6/2017).

Gamal pun menganjurkan kepada para pemudik agar tidak menggunakan pakaian yang ketat. Sebab, kata Gamal, selain dapat mengganggu kenyamanan saat melakukan perjalanan, hal tersebut juga dapat berpengaruh terhadap kondisi kesehatan para pemudik.

“Dengan memakai pakaian yang ketat, maka akan membuat para pemudik lebih cepat berkeringat, serta aliran darah tidak sempurna. Sehingga dapat dengan cepat menimbulkan rasa lelah bagi para pemudik,” terangnya.

Sambung Gamal, para pemudik juga disarankan untuk beristirahat setiap empat jam sekali. Hal tersebut, bertujuan untuk menghindari timbulnya rasa mengantuk dan lelah saat melakukan perjalanan.

“Jangan mengemudi bila sedang mengantuk atau lelah. Selama dalam perjalanan, konsumsilah makanan dan minuman yang bersih dan sehat, jangan pernah menerima makan atau minum yang diberikan oleh orang yang tidak dikenal,” tuturnya.

Masih kata Gamal, cuci tangan dengan menggunakan sabun dan air mengalir. Lalu, bila pemudik menggunakan motor kenalan masker agar tidak terkena asap, debu dan polusi.

“Dalam perjalanan jangan buang air kecil atau besar sembarangan, gunakan toilet yang tersedia. Serta yang paling terpenting adalah bila merasakan sakit, manfaatkan pos kesehatan terdekat,” demikian kata Gamal.

Reporter: Eka
Editor: Anas

loading...

COMMENTS