Distan Garut Sediakan Benih Padi untuk Korban Banjir

Banjir - Ilustrasi

GARUT | parsial.com — Kerusakan akibat Banjir Garut yang terjadi pada Senin Malam di Bulan Ramadhan 1438 H atau tahun Juni 2017 ini cukup parah, meski lokasi banjir hanya berada di dua wilayah kecamatan yaitu Tarogong Kaler dan Tarogong Kidul.

Berdasarkan rilis BPBD Kabupaten Garut ada empat desa wilayah Kecamatan Tarogong Kaler dan Tarogong Kidul, masing masing Kelurahan Sukagalih, Desa Mekargalih, Kelurahan Jayawaras, dan Desa Tarogong. Adapun jumlah warga yang terdampak banjir sebanyak 1.705 jiwa, atau 446 kepala keluarga (KK).

Sejumlah warga juga mengalami kerugian cukup besar terutama para pemilik lahan pertanian dan kolam ikan yang menjadi korban luapan banjir yang ditenggarai akibat curah hujan yang tinggi serta terjadinya penyempitan saluran air serta sedimentasi atau pendangkalan.

Dinas Pertanian Kabupaten Garut guna membantu meringankan para petani korban banjir tersebut salah satunya akan menyiapkan bantuan benih padi untuk lahan sawah yang terkena dampak banjir bandang.

“Dari kita nanti bantuan benih padi untuk lahan yang rusak akibat banjir,” kata Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Garut, Tatang Hidayat, kemarin.

Menurut Tatang, bencana banjir bandang telah merusak sejumlah areal tanaman padi, tomat dan cabai di Kecamatan Tarogong Kidul dan Tarogong Kaler. Ia berjanji petugas Dinas Pertanian Garut secepatnya akan mendata tingkat kerugian akibat banjir tersebut. “Kita memberikan bantuan berupa benih saja,“Tagasnya.
sumber

loading...

COMMENTS