Dinkes Depok Maksimalkan Pelayanan Selama Idul Fitri

KOTA DEPOK | PARSIAL.COM – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok akan mengerahkan seluruh tim untuk berkoordinasi meningkatkan pelayanan kesehatan mulai H-7 hingga H+7 lebaran Idul Fitri 1438H/2017H sesuai tugas pokok dan fungsi dari masing-masing bidang di Dinas Kesehatan.

Sekretaris Dinkes Kota Depok, Ernawati Sulistijanigrum Sanjoto menuturkan, peningkatan pelayanan tersebut tertuang pada surat edaran perihal instruksi kesiap siagaan Idul Fitri 1438 H. Surat tersebut merupakan tindak lanjut dari arahan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat.

“Untuk memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat, kami mengerahkan seluruh tim baik di dinas maupun di UPT untuk bekerjasama selama Hari Raya Idulfitri,” ujarnya saat ditemui di Kantor Dinkes Kota Depok, Senin (19/6/2017).

Lebih lanjut, Ernawati menjelaskan, beberapa pelayanan yang diberikan tersebar di sejumlah wilayah di Kota Depok. Adapun pelayan yang diberikan meliputi, pelaksanaan Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K) di pos-pos kesehatan sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan, menyiagakan sopir ambulans selama 24 jam, dan menginstruksikan kepada seluruh Puskesmas untuk membuat spanduk dan petunjuk arah sebagai bahan informasi kepada masyarakat untuk mengetahui lokasi pos kesehatan.

Selanjutnya, pelayanan lain yang diberikan Dinkes Kota Depok, kata Ernawati, yaitu melaksanakan pemeriksaan kesehatan bagi pengemudi angkutan. Pemeriksaan meliputi, kondisi fisik, tes urine, dan sebagainya. Dalam pelaksanaannya, Dinkes Kota Depok bekerjasama dengan Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Depok dan Polresta Depok.

Tidak hanya itu, pelayanan lain yang dijalankan Dinkes berupa pelaksanaan program Promkes dalam upaya promotif dan preventif yang dilaksanakan di pos kesehatan. Termasuk, melakukan pengendalian dan pencegahan penyakit lewat surveilance yang dilakukan.

“Banyak pelayanan kami berikan kepada masyarakat, semoga seluruh kegiatan yang dilakukan dapat memberikan manfaat bagi masyarakat dan mereka dapat dengan mudah memperoleh pelayanan kesehatan selama hari raya,” harapnya.

Reporter: Eka
Editor: Anas

loading...

COMMENTS