1.623 Calon Jamaah Haji Depok Sudah Kantongi Paspor

DEPOK | PARSIAL.COM – Sebanyak 1.623 calon jamaah haji (CJH) Kota Depok telah mengantonggi paspor haji atau sekitar 95 persen dari seluruh calon jamaah haji yang akan berangkat tahun ini.

“Alhamdulillah, 1.623 calon jamaah haji kita sudah selesai mengurus paspor haji, atau sekitar 95 persen dari calon jamaah. Jadi, sisanya tinggal 85 orang lagi atau 5 persen masih dalam proses penyelesaian,” ungkap Kepala Seksi (Kasi) Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama (Kemenag) Kota Depok, Supiyanto, Selasa (13/6/2017).

Diakui dia, belum rampungnya dokumen paspor para calon jamaah haji Kota Depok, di karenakan adanya pembagian menjadi dua tahap dalam pelunasan pembayaran biaya keberangkatan haji. Untuk tahap pertama yaitu pada tanggal 10 April sampai 5 Mei 2017, kemudian untuk tahap kedua yaitu tanggal 22 Mei sampai 2 Juni 2017.

“Lalu, yang belum melengkapi dokumen keberangkatannya kebanyakan adalah mereka yang melakukan pelunasan pada tahap kedua,” ucapnya.

Supiyanto menuturkan, tahap pertama itu memang dikhususkan untuk mereka yang memang masuk ke dalam porsi tahun 2017 dan belum pernah haji. Kemudian untuk tahap kedua diberikan kepada mereka yang gagal pada pembayaran di tahap satu, karena masalah sistem dan sebagainya, mereka yang sudah haji sebelumnya, kemudian untuk mahram yaitu salah satu suami sudah masuk porsi tahun ini dan istri ingin ikut menemani, dan yang terakhir untuk para lansia diatas 75 tahun.

“Jadi mereka tidak mengurus lebih awal, karena mereka baru masuk pada pelunasan tahap kedua, sehingga pengurusan paspornya juga terlambat,” tuturnya.

Dirinya berharap, semua calon jamaah haji bisa segera melengkapi kelengkapan berkas keberangkatan hajinya. Karena saat ini calon jamaah haji sudah masuk tahap pembinaan dan sudah pasti berangkat ke tanah suci.

“Kami semua berharap mudah-mudahan di akhir bulan Ramadan, seratus persen semuanya sudah memiliki paspor haji,” demikian kata Supiyanto.

Reporter: Alimin
Editor: Anas

loading...

COMMENTS