Satlantas Polres Sukabumi Gandeng Disdik Gelar Integrasi Pendidikan

Jajaran Satlantas Polres Sukabumi bersama dinas pendidikan dan para Guru SMP sekabupaten Sukabumi saat photo bersama usai menggelar acara di gedung Aula dinas pendidikan Kabupaten Sukabumi Rabu 17/05/2017 photo Fa,is Parsial.com

SUKABUMI | PARSIAL.COM – Petugas Satuan Lalu lintas (Satlantas) Polres Sukabumi mengandeng Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Sukabumi megelar kegiatan integrasi pendidikan dalam berlalu lintas kepada pelajar mulai SD, SMP, SMA, Se-Kabupaten Sukabumi.

“Hari ini kami dari korlantas Polres Sukabumi, menyampaikan modul integrasi keselamatan berlalu lintas kepada para guru SMP agar gagasan ini di masukkan ke dalam kurikulum mata pelajaran PPKN di sekolah masing-masing,” ungkap Kanit Dikyasa Lantas Polres Sukabumi Aiptu Nengah Ws Kepada Parsial.com, di Aula Kantor Dinas Pendidikan Sukabumi, Jalan Pelda Cikembar Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Rabu (17/5/2017).

Lanjut dia, untuk kegiatan sosialisasi integrasi tersebut hari ini baru dilasanakan di tingkat SMP. Dan berikutnya akan dilaksanakan di tingkat SD dan SMA.

“Setelah kegiatan hari ini, akan menyusul kegiatan pelatihan kepada para guru untuk selanjutnya mereka sampaikan ke pada anak didiknya di sekolah masing-masing, terkait mata pelajaran keselamatan berlalu lintas,” ujar dia.

Dengan demikian, pihaknya berharap melalui kegiatan tersebut bisa menekan angka kecelakaan lalu lintas di wilayah hukum Polres Sukabumi. Mengingat angka kecelakaan di wilayah tersebut jumlahnya terus meningkat.

“Kita miris, banyak diantara korbannya yang usianya masih produktif antara 17 sampai 25 tahun,” kata dia.

“Mudah-mudahan dengan adanya kegiatan ini, bisa menekan angka kecelakaan pada usia produktif, terlebih anak didik,” harapnya.

Kendati, diakui dia, selain kegiatan tersebut pihaknya pun selalu mengadakan kegiatan edukasi ke sekolah seperti menjadi inspektur upacara setiap hari Senin mulai dari tingkat SD, SMP dan SMA.

“Disitu, kami sampaikan juga materi terkait aturan keselamatan berlalu lintas agar para siswa terhindar dari kecelakaan,” paranya.

Senada disampaikan Kepala Bidang (Kabid) Pendidikan dan Tenaga kependidikan Kabupaten Sukabumi, Dr. Sudrajat MPd, pihaknya mengapresiasi kegiatan yang di gagas oleh satlantas Polres Sukabumi tersebut. Apalagi kegiatan ini merupakan tahun kedua yang di gelar bersama disdik.

“kami bersyukur ketika dilibatkan mengintegrasi nilai-nilai keselamatan berlalu lintas, dalam kegiatan pembelajaran di tingkat SD SMP SMA. Karena edukasi semacam ini jarang, apalagi untuk membuat pelajaran baru pun sangat tidak mungkin. Tapi mengintegrasikan sebuah nilai-nilai kegiatan yang mestinya dilakukan oleh setiap warga negara khususnya siswa atau pelaku pendidikan di lingkungan sekolah,” sebutnya.

“Mudah-mudahan, kegiatan ini tidak sampai disini saja kami berharap dilakukan juga dengan mata pelajaran yang beragam di tiap-tiap sekolah yang ada di Kabupaten Sukabumi,” pesan dia.

Kanit Dikyasa Lantas Polres Sukabumi Saat memberikan materi mata pelajaran tentang keselamatan berlalu lintas kepada para guru SMP se-Kabupaten Sukabumi. Photo Fa,is Parsial.com.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMP I Warungkiara Saprudin BA merespon positif terkait pemahaman Undang-Undang lalulintas yang di ajarkan tersebut.

“Hasil dari pertemuan ini, akan saya sampaikan langsung kepada siswa-siswa kami di sekolah. Agar kedepannya para anak didik bisa lebih memahami serta mengetahui aturan keselamatan berlalulilntas,” tutup dia mengkhiri.

Reporter: Fa,is
Editor: Anas

loading...

COMMENTS