Pelaku UMKM Manfaatkan Internet Perluas Pemasaran

Ilustrasi [net]

DEPOK | PARSIAL.COL – Para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kota Depok memamfaatkan sarana internet untuk memperluas jaringan pemasaran.

“Saya memasarkan produk melalui media sosial seperti twitter, fanpage facebook, instagram dan melalui website yang dikelola sendiri. Selama ini pesanan melalui online lebih banyak dibanding pesanan secara langsung,” ujar Pemilik UMKM Mrs. Gita Cupcake, Gita Yasminda, Senin (8/5/2017).

“Jadi, saya memanfaatkan teknologi internet dalam mengembangkan usaha mempromosikan produk agar semakin luas dan tidak terbatas di Depok saja,” sebutnya.

Diakui dia, usaha yang ia rintis sejak tahun 2010 silam telah dipasarkan hingga Filiphina dan Australia. Dengan harga cupcake berkisar Rp75 ribu hingga Rp6 juta. Dari bisnis tersebut, ia mengaku bisa meraup omzet lebih dari Rp10 juta/bulan.

“Kalau paket pernikahan yang paling mahal sekitar Rp6 juta, bahkan bisa lebih jika konsumen memiliki permintaan khusus,” kata Gita menambakan.

Sementara itu, cupcake produksinya memiliki keunikan tersendiri yaitu dari ukuran cupcake yang sangat mini. Sehingga menjadi lebih mudah dikonsumsi apalagi untuk anak – anak yang seringkali menyisakan makanan.

“Mini cupcake produksi saya memiliki ukuran diameter hanya 3 cm, jadi kebanyakan orang lebih suka karena mudah untuk dimakan,” ungkapnya.

Gita berharap agar ke depan, semakin banyak pelaku usaha yang bisa memanfaatkan keberadaan teknologi internet untuk memasarkan produknya. Sehingga wilayah pemasaran lebih luas bahkan bisa sampai ke kancah internasional.

“Meskipun banyak pesaingnya tetapi kesempatan pemasaran juga bisa semakin luas,” pungkasnya.

Reporter: Alimin
Editor: Anas

loading...

COMMENTS