KPU Kota Bogor Gelar Seminar, Bahas Persiapan Pilkada dan Pileg

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bogor saat menggelar seminar di Bale Seda Kencana BKPP Bogor, jalan Ir. H. Djuanda, Kota Bogor, Selasa (16/5/2017). Foto: Ist/Parsial.com.

KOTA BOGOR | PARSIAL.COM – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bogor menggelar seminar tentang isu-isu strategis menjelang pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak, dan Pemilihan Legislatif (Pileg).

Seminar yang mengusung tema “Mewujudkan penyelenggaraan Pilkada dan Pemilu serentak yang berintegritas dan berkualitas” ini di harapkan mampu mengantisipasi permasalahan pada saat pelaksanaan Pilkada serentak yang
akan dilaksanakan pada bulan Juni 2018.

“Kami belajar dari pengalaman daerah lain yang telah menggelar Pilkada, salah satunya di DKI Jakarta,” kata Ketua KPU Kota Bogor, Undang Suryatna saat menggelar seminar di Bale Seda Kencana BKPP Bogor, jalan Ir. H. Djuanda, Kota Bogor, Selasa (16/05/2017)

Selain belajar dari pengalaman kota lain, pihaknya juga ingin mengetahui bagaimana tanggapan dan masukan dari pengamat. Oleh karena itu, pada kegiatan ini KPU sengaja mengundang Direktur Executif Perkumpulan Pemilu dan Demokrasi (Perludem).

“Perludem selalu memantau penyelenggaraan Pilkada serentak dan memberi masukan,” jelasnya.

Undang menuturkan, beberapa permasalahan yang terjadi pada Pilkada yakni masalah DPT (Daftar Pemilih Tetap). Sebab, untuk DPT ini sekarang persyaratannya agak berat, pemilih diharuskan yang sudah melakukan perekaman e-KTP. Hal itu yang menjadi masalah di beberapa daerah. Permasalahan lainnya, lanjut Undang, masih adanya pemungutan suara ulang.

“Belajar dari pengalaman itu KPU selaku pihak penyelenggara, baik ditingkat PPK maupun KPPS ingin konsisten dalam arti patuh pada aturan-aturan,” paparnya.

Reporter: Iwan/Dicky
Editor: A.S. Nasution

loading...

COMMENTS