Jelang Ramadan, Harga Kebutuhan Pokok di Kota Depok Masih Normal

Wali Kota Depok Mohammad Idris, saat melakukan sidak ke Pasar Sukatani memantau harga bahan pokok menjelang Ramadan, Rabu (24/05/2017). Foto: Ist/Parsial.com.

DEPOK | PARSIAL.COM – Meski dibeberapa daerah, harga kebutuhan pokok menjelang bulan Ramadhan 1438M/2017H mulai mengalami lonjakan harga, namun hal itu tidak berlaku di wilayah Kota Depok. Pasalnya, harga komoditi pokok di Pasar Sukatani masih normal dan terjangkau masyarakat.

“Harga masih stabil, bahkan ada harga komoditi yang lebih rendah dari Harga Eceran Tertinggi (HET) yang telah ditetapkan oleh Kepala Unit Pengelola Teknis (UPT) Pasar Sukatani. Mudah-mudahan bisa stabil terus sampai menjelang Idul Fitri nanti,” kata Wali Kota Depok Mohammad Idris, saat melakukan Operasi Mendadak (Sidak) ke Pasar Sukatani, Kecamatan Tapos, Kota Depok, Rabu (24/5/2017).

Ia menyebut, untuk harga bawang putih kenaikan harganya tidak terlalu signifikan, hanya sebesar Rp 5-10 ribu. Untuk sementara ini, pasokan dirasa masih cukup. Namun, memang tidak bisa dimungkiri ada beberapa komoditi yang masih harus impor.

“Beberapa yang harus diwaspadai antara lain seperti gudang penyimpanan, mata rantai distribusi baik dari pemasok sampai ke tangan konsumen,” jelasnya.

Dikatakannya, Pemkot Depok juga telah membentuk Tim Satuan Tugas (Satgas) pengendalian harga jelang Ramadan, jelang Idulfitri dan pasca Idulfitri yang terdiri dari unsur gabungan seperti Polres, Kodim, kejaksaan sebagai intelnya dan pemerintah.

Terkait barang kedaluwarsa, lanjutnya, saat ini kewenangan tersebut sudah diambil alih oleh provinsi. Namun, tidak menutup kemungkinan, Pemkot Depok akan membuat laporan jika terjadi tindakan yang mencurigakan untuk diteruskan ke provinsi.

“Tugasnya nanti mereka inspeksi, sidak pasar, menerima laporan dari konsumen dan beberapa pedagang, serta operasi pasar,” ucapny.

Reporter: Eka
Editor: A.S. Nasution

loading...

COMMENTS