Hari Pertama Penjaringan, Tiga Balon Bupati Ambil Formulir ke PDIP

CIBINONG, BOGOR | PARSIAL.COM – Meski pemilihan kepala daerah (Pilkada) Kabupaten Bogor baru akan di laksanakan pada tahun 2018. Sejumlah nama bakal calon (balon) bupati, Sabtu (20/5/2017) resmi mengambil formulir ke Kantor Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan Kabupaten Bogor.

Wakil Ketua Bidang Kehormatan DPC PDI-P Kabupaten Bogor, Haryanto, kepada Parsial.com mengatakan, di hari pertama penjaringan balon bupati, sudah tiga nama resmi mengambil formulir pendaftaran ke Kantor DPC PDI-P Kabupaten Bogor.

Lanjut dia, DPC PDI-P Kabupaten Bogor akan terus menampung balon baik yang berasal dari internal maupun eksternal hingga batas waktu yang ditentukan yakni pada tanggal 6 Juni 2017 mendatang. Adapun tiga nama tersebut diantaranya 1. Adang Waluya (AW), 2. Asep Setya Wibawa (ASW) 3. Alex Purnama Johan (APJ). Haryanto menambahkan, ke tiga calon tersebut baru sebatas mengambil formulir.

“Hari ini baru mengambil formulir. Resminya nanti setelah mereka mengembalikan formulir teresebut baru dinyatakan resmi terdaftar sebagai balon,” papar dia.

Nantinya, kata Haryanto, setelah penutupan pendaftaran, nama-nama tersebut akan diajukan dalam rapat pleno DPC tanpa mengurangi satu nama pun, lalu di usulkan ke DPD PDI-P di Jawa Barat.

“Tahapan berikutnya, sudah merupakan domino DPD untuk melakukan penyaringan, DPC hanya pintu masuk,” bebernya.

Haryanto kembali menegaskan, selama dalam tahapan penjaringan tersebut para balon tidak di kenakan biaya. Bahkan, pihaknya akan menjamu para calon layaknya tamu.

“Kami tetap konsisten, dalam konteks penjaringan tidak akan mengutip satu rupiah pun dari balon. Justru mereka-meraka ini kami sambut dengan jamuan, walau pun ala kadarnya. Terkecuali nanti pada saat proses pilkada, tentunya sudah menjadi konsekwensi logis bagi para calon” tegasnya.

Haryanto menginformasikan latar belakang balon tidak terlalu di persoalkan, karena yang terpenting kata dia adalah Integritas, loyalitas dan militansi terhadap partai.

“Untuk itu, tahapan berikutnya bagi balon ialah harus masuk ke sekolah partai, agar balon memiliki kesiapan memasuki dunia eksekutif dan pastinya agar selaras dengan visi dan misi partai, tapi bukan doktrin, meskipun ideologi partai termasuk dalam pembelajaran, yang menetukan waktu dan tempat serta tenaga pengajar semua dari DPP PDI-P,” tandas Haryanto.

Reporter: Wandona
Editor: A.S. Nasution

loading...

COMMENTS