Elly Farida: Ajarkan Anak Puasa dengan Cara Menyenangkan

Elly Farida

Ketua TP PKK Kota Depok, Elly Farida saat menjadi narasumber pada Tarhib Ramadan PKK Kota Depok di aula lantai 10, Gedung Dibaleka, Rabu (10/5/2017). Foto: Ist/Parsial.comKetua TP PKK Kota Depok, Elly Farida saat menjadi narasumber pada Tarhib Ramadan PKK Kota Depok di aula lantai 10, Gedung Dibaleka, Rabu (10/5/2017). Foto: Ist/Parsial.com

DEPOK | PARSIAL.COM – Ketua TP PKK Kota Depok, Elly Farida mengatakan, umat Islam di seluruh dunia sebentar lagi akan melaksanakan ibada bulan puasa Ramdhan 1438H/2017M.

Untuk itu, kata dia, sudah menjadi kewajiban bagi orangtua untuk melibatkan si kecil untuk belajar puasa. Namun, untuk mengkondisikan anak agar mau puasa, orangtua diminta melakukannya dengan cara menyenagkan. Misalnya, dengan memberikannya hadiah jika si anak berhasil puasa.

“Untuk kita para orangtua, tentunya besar harapan semoga pada bulan puasa Ramdhan ini, kita mampu memantapkan putra putri kita menjadi anak yang saleh dan saleha dengan mengikut sertakan mereka aktif berpuasa,” ujar Elly Farida saat menjadi narasumber pada Tarhib Ramadan PKK Kota Depok di aula lantai 10, Gedung Dibaleka, Rabu (10/05/2017).

Bunda Elly, begitu ia disapa menambahkan, agar anak mau puasa, pertama yang harus dilakukan adalah memantapkan keimanan kepada si buah hati dengan cara mengenalkan Allah SWT kepada mereka. Tentunya dengan cara mengenalkan sifat-sifat Allah, agar anak-anak bisa memahami keberadaan dan ajarannya.

“Kenalkan Allah kepada anak-anak, insyaAllah mereka akan memiliki keimanan yang kuat,” katanya.

Selain itu, para orangtua juga bisa memberikan hadiah atau imbalan kepada anak-anak yang puasanya lancar, namun dengan penekanan hadiah itu merupakan rezeki dari Allah atas tercapainya ibadah puasa mereka. Dengan begitu, mereka juga akan memiliki pandangan rezeki yang didapatkan manusia berasal dari Allah SWT.

“Hal lain yaitu adalah sabar, terlebih jika anak masih dalam tahap belajar berpuasa. Namun, kesabaran ini akan berbuah pahala yang akan terus melekat pada kita,” ucap Elly Farida.

Ia menambahkan, hal terpenting adalah memberikan bekal melalui obrolan dan diskusi ringan mengenai makna Ramadan dan juga membedah kandungan Alquran dan juga hadis. Selain itu, orangtua juga diminta mengajarkan untuk sedekah dan infak, agar bisa menjadi kebiasaan di kemudian hari.

“Diskusikan juga mengenai menu sahur dan berbuka yang diinginkan anak-anak, libatkan mereka saat kita memasak agar suasana harmonis bisa terjalin dengan baik. Insya Allah Ramadan menjadi bulan yang bahagia bagi keluarga kita,” tutupnya.

Reporter: Alimin
Editor: Adam Saleh

loading...

COMMENTS