Anggota Komisi IX DPR RI, Gelar Kegiatan Sosialisasi JKN

SUKABUMI | PARSIAL.COM – Anggota Komisi IX DPR-RI Fraksi Golkar HJ. Dewi Asmara menggelar sosialisasi tentang tata cara penggunaan dan hak-hak yang diperoleh dari kartu Jaminan Kesehatan Nasiaonal (JKN) bagi masyarakat Kabupaten Sukabumi.

“Kagiatan sosialisasi JKN/BPJS ini sebetulnya sudah kita lakukan, baik pada saat reses maupun tidak dalam reses. Hal ini menggigat banyaknya aspirasi dari masyarakat kita yang belum memiliki kartu BPJS, mereka tidak paham tentang tata cara mempergunakan dan hak-hak apa saja yang mereka dapat,” ujar Hj. Dewi Asmara saat mengelar kegiatan sosialisasi JKN bagi warga Kabupaten Sukabumi kepada Parsial.com disela acara tersebut, di salah satu hotel ternama di Desa Bojongkokosan, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi,Jawa Barat. Minggu (7/5/2017).

Lanjut Politisi Fraksi Golkar yang membidangi Kesehatan dan Ketenagakerjaan ini, tujuan sosialisasi tersebut di antaranya untuk memperoleh masukan dari masyarakat langsung, seperti informasi tentang apakah penguna kartu JKN/BPJS tersebut bisa berpindah fasilitas misal dari Kecamatan A ke-Kecamatan B.

“Tentu hal itu boleh,” kata dia.

Kemudian, sambung dia, ada juga warga yang mengeluhkan bahwa ada seoarang pekerja pabrik yang sudah membayar asuransi kesehatan tersebut selama 1 tahun tetapi sampai saat ini belum juga mendapatkan kartu tersebut.

“Semestinya, itu sudah seharusnya dibagikan oleh pihak HRD masing-masing perusahaan. Maka dengan demikian, masyarakat maupun para pekerja itu nampaknya lebih menginginkan sosialisasi ini karena masi banyak yang belum paham, apa saja yang di peroleh ketika mereka mengukan kartu JKN/BPJS. Dan sekaligus acara ini wadah menampung aspirasi serta bahan temuan untuk di bawa rapat nanti dengan mitra kerja melalui Direksi BPJS yang ada di pusat,” pungkasnya.

Disamping itu, sosialisasi ini juga banyak hikmah yang ia peroleh, kata dia, disamping memberikan edukasi juga bisa lebih dekat dengan masyarakat khususnya masyarakat Kabupaten Sukabumi.

Sementara itu, Ketua Pengurus Kecamatan (PK Golkar) Hj. Lela Sumirat menambahkan, ia mengapresiasi atas terselengaranya kegaiatan sosialisasi kartu JKN/BPJS tersebut.

“Mudah – mudahan, melalui kegiatan ini warga paham  tentang program BPJS. Dan mereka dapat merasakan langsunng manfaatnya,” harap dia.

“Jika timbul masalah terkait dengan kartu BPJS, bisa menjadi bahan untuk di kaji dan di pecahkan bersama -sama antara DPR RI Komisi IX dengan direksi BPJS,” kata dia mengakhiri.

Reporter: Fa,is
Editor: Anas

loading...

COMMENTS