Taman Corat Coret, Tempat Anak Muda Salurkan Minat dan Aspirasi

Taman Corat Coret

Taman Corat Coret

BOGOR KOTA | parsial – Berada di Jalan Ahmad Adnawijaya Kelurahan Tegalgundil Kecamatan Bogor Utara, Kota Bogor, Jawa Barat, Taman Corat coret dibangun di atas lahan Prasarana dan Sarana Utilitas dari perumahan Indra Prasta.

Taman tersebut dibangun untuk mengakomodir minat dan aspirasi pemuda dalam berkarya seni utamanya dalam seni graffity dan seni lukis mural.

Selain itu, pemuda juga dapat menjadikan lokasi tersebut sebagai ajang berkumpul. Mereka dipersilahkan menuangkan kreatifitas mereka di permukaan dinding-dinding media yang disediakan kapan saja dan dengan tema yang bebas. Kecuali pada event-event tertentu baru ditetapkan adanya tema gambar. Sementara untuk pengaturan penggantian dinding mural dibantu oleh Komunitas Pecinta Graffity yang ada di Kota Bogor.

Taman Coret coret dilengkapi dengan dinding mural sebanyak 20 buah, terbagi menjadi 14 buah dinding di sisi belakang taman berukuran 400 m x 400 m dan 6 buah dinding berukuran 300 m x 400 m yang dipasang secara diagonal di sisi depan taman. Pada Taman Corat coret juga ada dinding melengkung yang menggambarkan diorama perjalanan hidup manusia. Ilustrasi pada dinding menggambarkan perjalanan hidup manusia dari mulai dilahirkan sampai menua.

Fasilitas lain yang disediakan di Taman Corat Coret adalah tempat sampah, box tanaman yang didesain multifungsi sebagai bangku melingkar, dan fasilitas sumber air dan sumber listrik. Selain bangku melingkar juga disediakan bangku panjang sebagai tempat untuk melepas lelah.

Akses menuju Taman Corat Coret cukup mudah. Pengunjung dapat menuju taman tersebut melalui akses Jl. Pajajaran berbelok ke Jl. KH. Ahmad Sobana atau melalui Jl. KH. Adnawijaya. Akses lain masuk dan keluar taman juga dapat melalui Jl. Raden Kanaan. Kendaraan umum yang melalui taman adalah angkutan kota nomor trayek 17.

Aktivitas yang dapat dilakukan oleh pengunjung pada Taman Corat Coret terbagi menjadi aktivitas pasif dan aktif. Untuk aktivitas pasif, pengunjung dapat duduk-duduk di bangku-bangku yang tersedia di taman baik di sisi dalam atau di sisi luar taman. Pengunjung juga dapat melakukan swafoto (selfie) dengan latar belakang lukisan-lukisan mural yang ada di dinding taman.

Selain menikmati hasil lukisan yang sudah ada, pengunjung juga dapat aktif menggambar di atas dinding yang tersedia atau lebih dikenal dengan istilah menimpa gambar. Namun demikian, yang berminat untuk menggambar tidak bisa langsung menimpa gambar yang ada namun harus berkoordinasi terlebih dahulu dengan komunitas grafity di situ yang diberi mandat untuk mengatur dan mengelola mekanisme penggambaran dan display mural di taman.
Sumber : kotabogor.go.id

loading...

COMMENTS