Sekda: Tangani Banjir Rancaekek, Jangan Saling Menyalahkan

BANDUNG | parsial.com — Sekda Jabar Iwa Karniwa meminta seluruh pihak sepakat serius bekerja menuntaskan banjir Rancaekek yang sudah terjadi sejak lama.

Iwa mengungkapkan hal ini saat menggelar rapat dan meninjau lokasi penyebab banjir di wilayah PT Kahatex dan penanganan yang dilakukan Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Citarum di sejumlah sungai yang masuk wilayah Kabupaten Sumedang, Jumat (7/4).

Dalam rapat yang dihadiri perwakilan dari Pemkab Sumedang, Kabupaten Bandung, BBWS, PT Kahatex dan Apindo ini pihaknya meminta semua pihak saat ini berhenti saling menyalahkan dan focus melakukan penanganan sesuai kewenangan. “Rapat tadi kita sepakat selesai saling menyalahkan, semua melakukan upaya perbaikan,” katanya.

Menurutnya penanganan banjir yang terjadi di wilayah Rancaekek Kabupaten Bandung dan Jalan Raya Bandung-Garut yang masuk dalam wilayah Kabupaten Sumedang serta Jalan Raya Garut-Bandung yang masuk wilayah Kabupaten Bandung sudah bertahun-tahun tidak tuntas karena masing-masing pihak bekerja sendiri-sendiri.

“Kabupaten Bandung dan Sumedang tidak usah saling menyalahkan. Ini masalah bersama, semua pihak termasuk masyarakat harus membantu penanganan ini terutama tidak buang sampah sembarangan. Tadi kami, Kabupaten Bandung, Sumedang, industri, dan pengusaha sepakat,” tuturnya.

Saat ini menurutnya pihak BBWS dan BPJN tengah melakukan penanganan darurat sebagai solusi pertama mencegah banjir. Kedua, pihaknya meminta agar Apindo mengkoordinasikan anggotanya di kawasan tersebut untuk mengalirkan CSR membantu penanganan darurat yang tengah dilakukan terutama di lokasi industri masing-masing.
sumber

loading...

COMMENTS