Puskesmas Sawangan Bekali Calon Pasutri Kursus Alat Reproduksi

Unit Pelaksana Teknis (UPT) Puskesmas Sawangan bekerjasama dengan Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Sawangan saat memberikan materi seputar alat reproduksi bagi calon pasutri. Fhoto: Ist/Parsial.com

DEPOK | PARSIAL.COM – Unit Pelaksana Teknis (UPT) Puskesmas Sawangan bekerjasama dengan Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Sawangan coba memfasilitasi calon pasangan suami istri (Pasutri) yang akan melangsungkan pernikahan untuk terlebih dahulu mengikuti kursus dengan materi seputar alat reproduksi.

Hal itu bertujuan untuk menekan Angka Kematian Ibu (AKI) dan Angka Kematian Bayi (AKB), serta menekan penyakit Infeksi Menular Seksual (IMS) dari pasangan masing-masing di wilayah tersebut.

“Kami membekali calon pengantin dengan pengetahuan seputar kesehatan reproduksi, karena hal ini penting bagi para pengantin yang akan memulai mahligai rumah tangga,” kata Kepala UPT Puskesmas Sawangan, Elin Herlina yang ditemui di kantornya, Minggu.

Ia menambahkan, selain pengetahuan seputar kesehatan reproduksi, para calon pengantin juga diterangkan mengenai serba serbi kehamilan, vaksin apa saja yang harus diberikan saat sebelum menikah, serta hal-hal apa saja yang harus diperhatikan dalam menjaga kesehatan keluarga.

“Kesehatan keluarga penting diketahui istri, untuk itu sang istri harus diberi pengetahuan yang cukup agar jika ada anak atau suaminya sakit, tidak perlu khawatir berlebihan. Pemahaman untuk menjaga kesehatan saat usia kehamilan juga penting,” ujar dia.

Ia mengimbau, kepada seluruh calon pengantin dapat mengikuti kegiatan ini, guna mengetahui tingkat kesehatan calon pengantin sebelum menghadapi jenjang hidupnya bersama pasangan.

“Kegiatan seperti ini banyak memberikan manfaat, jadi diharapkan seluruh calon pengantin bisa mengikutinya dengan baik,” tutupnya.

Editor: Anas

loading...

COMMENTS