Puluhan Unggas Mati Mendadak, Depok Darurat Virus Tetelo

Virus Tetelo

Ayam mati mendadak - ilustrasi

DEPOK | PARSIAL.COM – Puluhan hewan unggas mati mendadak diwilayah Tapos Depok. Matinya puluhan unggas ini, duga karena terserang virus Newcastle Disease (ND) atau tetelo.

“Ini baru kesimpulan sementara,” ujar Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Peternakan (DKPPP) Kota Depok, Dede Zuraida di Ruang kerjanya, Jumat (21/04/2017).

Diakui dia, untuk mengetahui pasti penyebab kematian puluhan unggus tersebut, pihaknya telah mengambil sampel untuk diuji di laboratorium.

“Saat ini sedang kita lakukan uji leb,” katanya.

Lanjut dia, meski virus tetelo ini tidak menular kepada manusia, tapi akan berakibat buruk bagi kehidupan unggas itu sendiri misalnya, akan mengalami gangguan pernapasan, unggas tampak lesu, nafsu makan dan produksi telur menurun, gangguan saraf yang menyebaban leher terpuntir serta jengger kebiruan.

Untuk itu, ia menghimbau kepada para petani unggas diwilayah itu, untuk melakukan antisipasi dengan pemberian vaksin.

“Kalau sudah ada hewan yang mati mendadak, harus segera diantisipasi. Caranya dengan memberi vaksin pada unggas itu, dan mengurangi aktivitas lalu lintas orang. Artinya orang yang masuk kandang hanya boleh peternak saja, karena biasanya peternak sudah kebal,” jelasnya.

Reporter: Alimin
Editor: Anas

loading...

COMMENTS