Polsek Pacet Ciduk Tiga Orang Pelaku Penipuan Lewat Telepon

Sejumlah barang bukti yang berhasil disita oleh jajaran Polsek Pacet dari tangan tersangaka berupa 5 buah unit handphone, 6 buku tabungan dari berbagai bank senilai Rp300 juta dan KTP para tersangka. Fhoto: Dedy/Parsial.com

CIANJUR | PARSIAL.COM – Jajaran kepolisian Polsek Pacet, berhasil menciduk tiga orang pelaku penipuan melalui telepon gengam (Hand phone) dengan modus berpura-pura sebagai teman suami korban, lalu meminta sejumlah uang dengan dalih menuntaskan perkara yang sedang di alami suami korban sebagai Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di Singapura karena terbelit masalah.

“Dengan dalih itu, mereka meminta sejumlah uang kepada istri korban,” kata Kapolsek Pacet AKP Rusdihayat kepada awak media saat gelar perkara berlangsung di kantor Polsek Pacet, Sabtu (1/4/2017)‬.

Lanjut Kapolsek, sadar korban telah tertipu lantaran sudah 3 kali mentransfer uang ke rekening tersangka dengan jumlah nominal Rp13 juta, akhirnya korban bernama Nining Yuningsih (32) warga Kampung Maleber RT.01/RW.11, Desa Ciherang, Kecamatan Pacet melaporkan peristiwa tersebut ke-Sentral Pelayanan Kepolisian (SPK) Polsek Pacet pada tanggal 3 Maret 2017.

Berkat laporan korban, akhirnya ke 3 tersangka berhasil diciduk di lokasi yang berbeda didaerah Bandung. Para tersangka berinisial YBA (19) laki-laki asal Bandung, RW (19) laki-laki asal Bandung, dan CL (29) perempuan asal Bandung. Sedangkan AH yang merupak otak dari kasus tersebut, saat ini masih mendekam di Lembaga Pemasyarakatan (LP) di Bandung karena terbelit kasus yang sama.

Selanjutnya, kata kapolsek, selain menciduk ke 3 tersangka, pihaknya juga menyita sejumlah barang bukti berupa 5 buah unit handphone, 6 buku tabungan dari berbagai bank senilai Rp300 juta dan KTP para tersangka.‬

Kemudian diungkapkan kapolsek, ke 3 tersangka ini, ketika akan melakukan aksinya sudah memiliki peran masing-masing. Misalnya, ada yang berperan mencari nomor telepon calon korban. Ada yang khusus tukang telepon, sekaligus berpura-pura sebagai suami teman korban.

Kapolsek Pacet AKP Rusdihayat sedang melakukan gelar perkara terkait kasus penipuan lewat telepon gengam di halam kantor Polsek Pacet, Sabtu (1/4/2017)‬. Fhoto: Dedy/Parsial.com

‪Guna mempertanggung jawabkan atas perbuatan ke 3 tersangka, mereka pun dijerat dengan Pasal 378 KUHP tentang penipuan dengan ancaman diatas empat tahun penjara.

Menyikapi maraknya kasus penipuan lewat saluran telepon atau online akhir-akhir ini, pihaknya menghimbau kepada masyarakat untuk tidak mudah percaya kepada penelepon yang tidak jelas asal usulnya.‬ Apalagi, kata dia, sudah menyangkut uang.

“Intinya, jangan mudah percaya. Bila meragukan silahkan laporkan ke polselk terdekat,” pesan dia.

Reporter: Dedy
Editor: Anas

loading...

COMMENTS