Pemkab Garut, BI dan UNPAD Bekerjasama Kembangkan Agribisnis Pertanian

MoU Agrobisnis

GARUT | parsial.com – Berbagai langkah dilakukan untuk terus mengembangkan pertanian masyarakat, salah satunya menjalin kerja sama dengan berbagai pihak. Upaya mengembangkan agribisnis pertanian, Pemkab Garut melakukan kerjasama dengan Bank Indonesia (BI) Kantor Perwakilan Jawa Barat dan Universitas Padjadjaran (Unpad). Ditandai dengan penandatangan oleh Bupati Garut Rudy Gunawan, Kepala Perwakilan BI Provinsi Jawa Barat Juda Agung, dan Rektor Unpad Prof. Dr. Med. Tri Hanggono Achmad.

Nota kesepahaman ini merupakan salah satu bentuk nyata sinergi antara BI, Pemkab Garut dan civitas akademik Unpad dalam rangka program pengendalian inflasi melalui pengembangan agribisnis pertanian di Kabupaten Garut.

Usai acara di Kampung Sentral Desa Manggkurakyat Kecamatan Cilawu, Senin (10/4/2017) Bupati Garut Rudy Gunawan menyatakan pihaknya menyambut baik dengan adanya nota kesepahaman ini, yang dampaknya akan dirasakan petani.

“Melalui teknologi pertanian yang akan dikembangkan oleh Fakultas Pertanian Unpad, akan mendukung salah satunya pengembangan klaster beras budi daya padi organik,” sebutnya.

Seperti dsiarkan dalam siaran persnya, BI bekerja sama dengan Fakultas Pertanian Unpad melakukan kajian (mapping) kebutuhan pasar, baik pasar domestik maupun ekspor, kemudian pemetaan basis produksi, base-line surveyserta pembuatan roadmap pengembangan klater beras.

Dalam kesepatan tersebut diserahkan pula handsprayinga alat abantu semprot hama kepada masing-masing Kelompok Tani Simpay Wargi II dan Kelompok Tani Ciawitali sebagai calon penerima manfaat kalster binaan dari BI Perwakilan Jawa Barat.

Editor: Anas
Sumber

loading...

COMMENTS