Pemasangan Listrik Ilegal Picu Kebakaran

Ilustrasi

Kabupaten Cianjur | Parsial.com – Saat ini masih ada oknum tidak bertanggung jawab memasang instalasi listrik ilegal. Hal itu memicu terjadinya kebakaran dan ini kerap beberapa kali terjadi di wilayah sekitar Cipanas.

Koordinator Pelayanan Teknis PLN UPJ Cipanas ,Hamdan Maulana ,menjelaskan, penyebab kebakaran rumah warga salah satunya akibat instalasi ilegal yang rentan memicu konsleting listrik.

“Baru – baru ini diduga akibat arus pendek, kebakaran terjadi di beberapa rumah kontrakan di wilayah Sindanglaya. Jelas ini sangat kami sayangkan,” turturnya kepada Parsial.com Kamis (6/4)

Hamdan mengakui jika saat ini, masih ada warga yang melakukan pemasangan listrik tidak berijin itu. Mereka memanfaatkan jaringan listrik antar rumah tanpa sepengetahuan pihak PLN.

‚ÄúTerutama masyarakat di wilayah Kecamatan Sukaresmi masih banyak warga pengguna lefring atau mengkonsumsi listrik dari rumah tetangga. Ini tentu selain merugikan negara juga membahayakan bagi warga sendiri karena pemasangannya di luar prosedur dan sangat tidak aman,” paparnya.

Diakuinya Kawasan Desa Rawabelut, Cibanteng, dan beberapa desa di Kabupaten Cianjur lainnya terutama di perbukitan Puncak Simun yang belum teraliri listrik, masih biasa menggunakan listrik lefring. Padahal, ini beresiko kebakaran akan lebih besar dengan aktifitas lefring, karena kabel listrik dari rumah ke rumah posisinya jauh.

” Lefring atau istilahnya nyolok bayaran listrik sangat berbahaya karena rawan kebakaran dan tindakannya ilegal,” tandasnya

Apalagi memasang sendiri tanpa prosedur yang ada. Makanya pihaknya akan melakukan pengawasan yang lebih ketat dan memberikan teguran. Diharapkan desa dan kecamatan bisa membantu masyarakat yang tidak punya listrik.

Reporter: Dedy

loading...

COMMENTS