Pelayanan Keliling Akta Kelahiran di Kabupaten Bogor Hentikan Praktik Calo

Ilustrasi

BOGOR | PARSIAL.COM – Institut Kewarganegaraan Indonesia (IKI) pada Senin bekerja sama dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Bogor mengadakan pelayanan keliling penerbitan akta kelahiran bagi warga di Kabupaten Bogor.

Kegiatan pelayanan keliling ini dihadiri pengurus IKI yg diwakili Drs KH Saifullah Mashum M.Si didampingi peneliti utama IKI Prasetyadji dan Swandy Sihotang dan beberapa Relawan IKI dari Bogor.

“IKI berkomitmen membantu warga masyarakat untuk pemenuhan dokumen kependudukannya, dan seluruh Biaya Denda keterlambatan yang per orang Rp. 50.000 dibayar oleh IKI,” kata Prasetyadji.

Dia menjelaskan IKI sudah sebelas tahun ini memfasilitasi masyarakat di berbagai daerah di Indonesia untuk memperoleh dokumen kependudukan.

Pada Senin, kegiatan pemberian akta kelahiran sehari jadi dilaksanakan di MTs Sabilil Muttaqin, Jalan Ace Tabrani Km 1 Kampung Panjaungan, Desa Batu Tulis, Kecamatan Nanggung, Kabupaten Bogor, dengan memproses sekitar 500 akta kelahiran.

Kasie Kelahiran Dukcapil Bogor Suparno SH MA mengemukakan dengan pelayanan keliling tidak ada lagi jasa calo-calo yang membebani masyarakat.

“Dan masyarakat akan lebih efisien tidak harus mengeluarkan transport datang ke kantor Dukcapil di Cibinong,” katanya.

Dia mengemukakan, dokumen kependudukan, akta kelahiran, KTP, dan KK, adalah syarat agar masyarakat dapat memperoleh berbagai fasilitas seperti untuk mengurus BPJS, KIS, untuk sekolah, bekerja, mengurus warisan, dan berbagai keperluan lainnya.

Ketua Institut Kewarganegaraan Indonesia, Drs KH Saifullah Ma’shum M.Si mengapresiasi kegiatan ini, dan berharap bisa dikembangkan di daerah-daerah lain di wilayah Kabupaten Bogor.

“Kami berharap kerjasama ini bisa lebih melibatkan partisipasi dari aparat Desa atau Kelurahan dan Kecamatan, sehingga pelayanan keliling ini dapat menjangkau masyarakat lebih banyak lagi,” kata Saifullah.

Editor: Anas/Ant

loading...

COMMENTS