Mengintip Bahaya Rokok Bagi Kesehatan

Ilustrasi

PARSIAL.COM | – Menurut sebuah penelitian hampir 20 persen penyebab utama penyakit jantung diakibatkan oleh rokok. Pasalnya, dalam satu batang rokok terdapat 4000 zat kimia yang berbahaya untuk kesehatan serta ada 70 zat pada rokok yang menyebabkan kanker.

Berikut adalah zat-zat kimia yang terdapat dalam sebatang rokok.

• Zat Pada Rokok Yang Menyebabkan Kanker – Zat Benzen.

zat satu ini sangat berbahaya mengapa tidak? zat benzen merupakan zat yang ditambahkan dalam bahan bakar minyak, sehingga bila mengkonsumsi zat tersebut sudah dapat dipastikan orang tersebut akan terkena penyakit kanker leukimia atau sering di sebut dengan kanker darah dan kanker ginjal itupun belum termasuk memicu berbagai kanker bahaya lainnya.

• Zat Pada Rokok – Gas Oksidan

Jenis gas satu ini bereaksi dengan gas oksigen. Bila gas oksidan ini masuk dalam tubuh akan memicu terkena penyakit storke dan serangan jantung yang diakibatkan penggumpalan darah.

• Zat Pada Rokok – Karbon Monoksida

Ternyata dalam sebatang rokok terdapat zat karbon monoksida, seperti yang kita ketahui zat monoksida adalah zat beracun yang terdapat pembuangan knalpot motor baik mobil dan sepeda motor. Bila mengkonsumsi karbon monoksida, dapat mengikat hemoglobin pada darah secara permanen sehingga hal tersebut dapat menghalangi oksigen untuk masuk dalam tubuh. Dimana hal tersebut memicu sesak napas serta tubuh cepat lelah.

• Zat Pada Rokok – Tar

Zat tar ini memang tidak terlalu berbahaya seperti zat zat lainnya diatas, tetapi zat tar ini dapat berdampak jangka panjang pada perokok. Zat tar akan masuk kedalam tubuh manusia ketika seseorang telah menghisap rokok tersebut. Bila zat tar sudah masuk dalam tubuh maka tar tersebut akan bersarang banyak dan menutupi bulu bulu kecil pada paru-paru. Seperti yang kita ketahui bulu pada paru paru berfungsi untuk membersihkan kuman dan hal-hal lainnya dari paru-paru manusia.

Seperti yang dijelaskan diatas hanya lah sebagian kecil zat berbahaya pada rokok, masih banyak lagi zat berbahaya lainnya seperti cadmium(Digunakan saat pembuatan baterai), hydrogen cyanide(Merupakan zat dasar yang digunakan dalam pembuatan senjata kimia), formaldehyde(Merupakan zat utama dalam pengawetan mayat manusia), toluen (Digunakan sebagai pengecer cat tembok) dan zat arsenic (yang sering digunakan produk pembasmi hama yaitu pestisida).

Bila anda memilih hidup sebagai perokok sejati, sama hal nya anda harus siap menanggung resiko terkena penyakit jantung. Karena seorang perokok memiliki potensi dua sampai empat kali lipat resiko terkena penyakit jantung dibandingkan orang normal lainnya. Resiko bahaya merokok pada wanita lebih tinggi apalagi bila wanita tersebut juga mengkonsumsi obat KB.

Saat anda mengkonsumsi rokok dengan begitu secara tidak sadar anda sama saja memasukan berbagai racun kedalam tubuh anda, khususnya pada organ jantung. Contoh yang sering terjadi adalah zat nikotin pada rokok, dimana zat nikotin sudah masuk dalam tubuh maka otomatis akan mengurangi kadar oksigen pada darah sekaligus menghancurkan pembuluh darah pada jantung sehingga mempercepat pembekuan darah, memicu tingginya terkena penyakit jantung tersebut.

Bahaya Merokok Bagi Kesehatan Tubuh Manusia – Otak

Seperti yang telah dijelaskan, dengan merokok akan terkena penyakit berbahaya salah satunya adalah stroke, dengan hanya mengkonsumsi rokok akan meningkatkan terkena stroke sebesar 50 persen. Hal tersebut tentu akan menyebabkan pada kerusakan otak sampai kematian.

Merokok juga dapat meningkatkan resiko terkena penyakit aneurisma otak. Aneurisma otak merupakan penyakit pembekuan pembuluh darah yang terjadi dikarenakan melemah nya dinding pembuluh darah. Hal tersebut sewaktu-waktu dapat pecah sehingga mengakibatkan pendarahan hebat pada otak manusia.

Bahaya Perokok Aktif – Organ Produksi

Selanjutnya bahaya merokok adalah merusak organ produksi, pada pria yang perokok akan membuat dirinya memiliki resiko mengurangi kesuburan sperma, menyebabkan terkena impotensi, mengurangi produksi sperma sampai terkena kanker testis.

Sedangkan bahaya merokok pada wanita akan mengganggu kesuburan sistem produksi dan kesuburan nya. Tidak hanya itu saja, wanita perokok akan mudah terkena resiko kanker serviks lebih tinggi karena mengurangi kemampuan pada tubuh dalam melawan berbagai infeksi human papillomavirus yang disingkat dengan HPV.

Bahaya e Rokok – Tenggorokan Dan Mulut

Salah satu bukti yang mudah dilihat dari seorang perokok aktif adalah terlihat nya gigi yang kuning bernoda serta bau mulut yang tidak sedap. Dengan mengkonsumsi rokok akan merusak gusi serta indra perasa pada manusia.

Masalah yang paling bahaya merokok bagi kesehatan pada tenggorokan dan mulut adalah meningkatnya resiko kanker pada lidah, tenggorokan, bibir dan juga pita suara.

Bahaya Merokok Bagi Kesehatan Tubuh Manusia – Paru Paru

Bahaya merokok yang paling sering terjadi adalah kanker paru-paru. Zat-zat racun yang terkandung pada rokok dapat merusak sel-sel baik pada paru-paru sehingga menimbulkan sel kanker. Penyakit serius lainnya pada paru-paru oleh para perokok antara lain seperti emfisema, pneumonia dan bronkitis.

Bahaya Perokok Aktif – Kulit

Hal yang mudah terlihat oleh para pencandu rokok selain bau mulut dan gigi bernoda adalah terlihat lebih tua dari usianya.

Kulit seorang perokok akan terlihat mudah tua, hal itu dikarenakan kurangnya asupan oksigen pada kulit perokok. Jangan heran seorang perokok akan muncul penuan dini seperti muncul nya kerutan di sekitar mulut dan mata. Zat racun pada rokok juga dapat menyebabkan selulit pada kulit manusia.

Bahaya e Rokok – Lambung

Merokok dapat memicu melemahkan otot yang mengontrol bagian bawah kerongkongan. Hal tersebut dapat memungkinkan asam dari lambung akan bergerak ke arah yang salah, yaitu asam lambung akan menuju ke arah kerongkongan . Beberapa penyakit yang diderita oleh perokok pada lambung yaitu ulkus atau tukak dan kanker lambung.

Bahaya Merokok Bagi Kesehatan Tubuh Manusia – Tulang

Zat racun yang pada rokok dapat merusak tulang dengan cara menghentikan segala aktivitas pada sel-sel konstruksi. Oleh karena itu lah seorang pencandu rokok lebih berpotensi terkena yang namanya rapuh tulang atau bahasa biologi nya adalah osteoporosis. Racun yang pada rokok juga mengganggu keseimbangan hormon yang berfungsi untuk menjaga tulang manusia supaya tetap kuat diantaranya adalah hormon estrogen.

Memang efek mengkonsumsi rokok tidak akan langsung terlihat butuh waktu sampai bertahun-tahun anda mengkonsumsi rokok tersebut, efek yang mudah terlihat dari merokok adalah dengan sering nya batuk-batuk, mudah sekali terkena infeksi, sesak napas, lebih mudah terasa lelah dan mengalami susah tidur hal tersebut terlihat dari susah nya atau sesak napas saat malam hari kemudian akan mengalami kelelahan saat pagi hari. Bahaya merokok bagi lingkungan, dapat mengenai orang yang anda sayangi resiko-resiko diatas lebih besar dari pada perokok aktif.

Editor: A.S Nasution
Sumber: Temakita

loading...

COMMENTS