Lima Kecamatan di Indramayu Diguyur Dana ZIS Rp208 Juta

Penyerahan ZIS

INDRAMAYU | parsial.com – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Indramayu kembali menyalurkan dana Zakat, Infaq, Sodaqoh (ZIS) yang berhasil terkumpul dari para PNS di Kabupaten Indramayu.

Kali ini giliran para mustahik di Kecamatan Cikedung, Terisi, Lelea, dan Kecamatan Losarang yang menerima penyaluran dana ZIS dengan total Rp208.600.000, di Halaman Kantor Kecamatan Cikedung, Senin (10/04/2017)..

Bantuan yang diperuntukan untuk rehab rumah keluarga miskin, bantuan modal usaha fakir miskin melalui majelsi ta’lim, bantuan pemberdayaan majelis ta’lim, bantuan guru madrasah DTA, bantuan anak yatim dan bantuan paket sembako itu diserahkan langsung Wakil Bupati Indramayu, Supendi .

Wakil Bupati Indramayu, H. Supendi seperti yang disampaikan oleh Kabid Informasi dan Komunikasi Publik pada Dinas Komunikasi dan Informatika Kab. Indramayu, Nana Pasae, menjelaskan, dari penerimaan tahun 2016 yang mencapai 6,8 miliar terbesar berasal dari zakat profesi dari PNS yang mencapai 5,7 miliar.

Optimalisasi dalam penerimaan zakat profesi harus terus dilakukan oleh para pengurus BAZNAS dengan memiliki berbagai inovasi. Setelah para PNS, zakat profesi pun harus dilakukan terhadap para pamong desa karena mereka juga telah memiliki penghasilan tetap setiap bulannya.

“Penyaluran terhadap zakat profesi sudah sangat jelas dan diketahui oleh masyarakat karena dibagikan kepada mereka yang membutuhkan dan sesuai dengan peruntukannya,” tegas Wabup.

Dalam kesempatan itu, dia kembali menyampaikan rasa terima kasihnya kepada para Pegawai Negeri Sipil (PNS) Kabupaten Indramayu yang secara ikhlas menyisihkan gajinya untuk menunaikan zakat profesi (Zaprof).

Ketua Baznas Indramayu, Moh Mudor melaporkan, perolehan ZIS yang berhasil terkumpul sepanjang tahun 2016 yaitu sebesar Rp 6,8 miliar. Jumlah ini naik sekitar 2,8 miliar atau 72,30 persen dari perolehan tahun 2015 sebelumnya sebesar Rp 3,9 miliar.

“Yang didistribusikan bupati keliling kecamatan nilainya 4,2 miliar, sedangkan sisanya sekitar 2 miliar merupakan dana yang dipergunakan untuk insidentil seperti tanggap bencana alam, bantuan operasional pesantren, pengadaan al-qur’an, bantuan bagi keluarga yang sakit di rumah sakit, dan lainnya,” tegas Mudor.

Sedangkan untuk kecamatan yang menerima pembagian zakat infaq dan shodaqoh untuk kali ini senilai Rp. 208.600.000,- dengan rincian yakni Kecamatan Cikedung sebesar Rp. 35.050.000,- Terisi sebesar Rp. 51.100.000, Lelea sebesar Rp. 58.150.000, dan Losarang sebesar Rp. 64.300.000,.

“Zakat ini didayagunakan untuk rehab rumah gakin, bantuan modal usaha melalui majelis taklim, bantuan pemberdayaan majelis taklim,bantuan guru madrasah DTA, bantuan anak yatim, dan juga paket sembako,” kata Mudor.

editor: Anas

Sumber

loading...

COMMENTS