Dishub Kota Depok Keluarkan Maklumat, Pengemudi Tak Pakai Seragam Izin Angkot Akan Cabut

Dishub Kota Depok

Kepala Dishub Kota Depok, Gandara Budiana. (Foto: Ist/Parsial.com)

DEPOK | PARSIAL.COM – Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Depok mengeluarkan maklumat bagi sopir angkutan kota (angkot) yang beroperasi diwilayah Depok akan segera membekukan serta mencabut ijin trayek angkutan tersebut, bila sopir angkutan itu tidak mengenakan seragam dan melengkapi surat-surat kenderaan ketika beroperasi di jalan raya.

“Standar Operasional Proseduralnya (SOP) maksimal melakukan kesalahan sebanyak tiga kali. Dan bila, masih membandel akan kami bekukan dan cabut izin trayeknya,” ungkap Kepala Dishub Kota Depok, Gandara Budiana kepada awak media di Balaikota, Rabu (19/4/2017).

Sebab, kata dia, trend kesadaran akan penggunaan seragam di kalangan sopir angkot di wilayah Depok jumlahnya terus menurun. Meski, pihaknya terus melakukan upaya untuk meningkatkan kesadaran para supir angkot tersebut.

“Kita sudah berkali-kali menegur, baik lisan maupun dengan tindakan melakukan penertiban. Ini akan terus kita laksanakan sampai mereka jera,” tegasnya.

Ia menambahkan, dengan patuhnya sopir angkot terhadap aturan, diharapkan rasa kepercayaan masyarakat untuk kembali menggunakan angkutan umum kembali pulih. Dengan begitu, terjadi juga perubahan kebiasaan masyarakat dari menggunakan kendaraan pribadi, menjadi beralih ke angkutan umum.

“Kalau pengemudinya disiplin dengan surat-surat yang lengkap dan berseragam, maka masyarakat juga lebih aman dan nyaman memilih angkutan umum untuk transportasi sehari-hari,” jelasnya.

Selain penegakan aturan, kata dia, sanksi disiplin juga diterapkan untuk mendorong sopir angkot agar lebih maju. Perubahan positif ini diharapkan dapat menjadi magnet bagi masyarakat untuk kembali bersimpati dan berani memilih angkot sebagai moda transportasi sehari-hari.

Reporter: Alimin M Toha
Editor: Anas

loading...

COMMENTS