Dishub Kota Depok Gratiskan Izin Trayek dan Kir

Dishub Kota Depok

Petugas Dishub Kota Depok tengah mengatur angkot. (Foto:Ist/Parsial.com)

DEPOK | PARSIAL.COM – Dishub Kota Depok mengeluarkan kebijakan teranyar dengan menggratiskan perpanjangan izin trayek dan kir pada angkutan umum yang beroperasi di wilayah Kota Depok.

“Peraturan ini mulai berlaku sejak 16 Januari sampai 16 Juni 2017,” ujar Kepala Bidang Angkutan Dinas Perhubungan Kota Depok, Anton Tofani usai kegiatan Rapat Forum Lalu Lintas di aula lantai 5, Balaikota Depok, Selasa (18/4/2017).

Hal itu, kata dia, bertujuan agar semua pemilik angkutan kota (angkot) diwilayah tersebut segera mengurus badan hukum armadanya. Sebab, sejak tahun 2015 lalu pihaknya telah melakukan sosialiasi. Namun hingga kini masih banyak diantara pemilik angkutan yang belum bersedia.

Padahal, kata dia, bagi pemilik angkutan umum yang belum mengurus badan hukum, ada sanksi yang diberlakukan yaitu perpanjangan izin trayeknya tidak bisa diproses lagi. Sebab, peraturan itu katanya, telah diterapkan bersamaan dengan kebijakan badan hukum angkutan per 1 Januari 2017.

“Kebijakan ini sesuai Peraturan Daerah Kota Depok No 02 Tahun 2012 tentang Penyelenggaraan Perhubungan, serta Peraturan Wali Kota No 08 Tahun 2015 tentang Prosedur dan Mekanisme Penyelenggaraan Izin Trayek,” pungkasnya, dikutip melalui bagian humas pemberitaan Kota Depok.

“Jadi mau tidak mau semua angkutan umum harus beralih ke badan hukum,” tandasnya.

Ia menimpali, bila angkutan umum sudah berbadan hukum banyak keuntungan tersendiri yang dapat diperoleh pemilik angkutan umum. Baik dari segi Pemerintah Kota (Pemkot) Depok, badan hukum yang menaungi maupun bagi sopir angkutan umum itu sendiri.

“Pemkot Depok memonitor penyelenggaraan angkutan umum dan upaya-upaya penindakan terhadap pelanggaran akan langsung ditujukan ke badan hukum, bukan sopirnya,” jelasnya.

Dengan konsekuensi tersebut, badan hukum wajib mempekerjakan pengemudi sesuai ketentuan yang berlaku, sehingga pelanggaran lalu lintas bisa ditekan sekecil mungkin.

“Kriminalitas yang dilakukan oleh pengemudi juga dapat diminimalisir,” katanya mengakhiri.

Editor: Anas

loading...

COMMENTS