Diguyur Hujan, Tiga Lokasi di Kota Bogor Dilanda Longsor

KOTA BOGOR | PARSIAL.COM – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bogor, Jawa Barat, mencatat terjadi peristiwa longsor di tiga lokasi berbeda saat hujan mengguyur pada Sabtu.

Anggota BPBD Kota Bogor Djaya Toha menyebutkan, lokasi longsor pertama terjadi di wilayah Batu Tulis, Kecamatan Bogor Selatan, tepatnya di Kampung Sawah, RT 01/ RW 06. Longsor yang terjadi di jalan permukiman warga itu menyebabkan akses jalan menjadi terganggu.

“Kerusakan jalan cukup parah, akibatnya lalu lintas warga dari Batu Tulis ke Kampung Sawah jadi terganggu,” katanya.

Ia mengatakan, jalan yang ambruk akibat longsor berada di pinggir sungai. Sebagian ruas jalan, rusak dan retakan melebar sehingga jalan sulit dilintasi. Kendaraan roda dua masih dapat melintas tetapi harus berhati-hati.

Kejadian longsor berikutnya terjadi di RT 05/RW 04 Kelurahan Muara Sari, Kecamatan Bogor Selatan. Tebing setinggi sekitar dua meter ambles, tetapi tidak ada korban jiwa.

Longsor berikutnya di RT 04/RW 10 Kelurahan Pasir Jaya, Kecamatan Bogor Barat. Fondasi dapur jebol sehingga membuat dapur milik Suherman ambruk terbawa longsor.

“Dapur milik Pak Suherman ambruk tergerus aliran air Cipakancilan yang meluap. Rumah dihuni oleh dua kepala keluarga terdiri atas tujuh jiwa,” katanya.

Menurut Djaya, longsor dilaporkan terjadi saat hujan mengguyur wilayah Kota Bogor yang turun mulai pukul 16.20 WIB. Petugas BPBD telah melakukan upaya penanggulangan terutama mengantisipasi longsor susulan dengan memasang terpal.

“Kami juga sudah mendistribusikan logistik untuk warga yang terkena longsor,” katanya.

Djaya menambahkan longsor yang terjadi di Batu Tulis membutuhkan penanganan segera, karena menimpa jalan permukiman warga. “Perbaikan diperlukan agar lalu lintas warga tidak terganggu,” katanya.

Editor: Anas/Ant

loading...

COMMENTS