12 Cara Paling Ampuh Mengatasi Bibir Kering dan Pecah-Pecah

Ilustrasi bibir pecah

PARSIAL.COM | Bibir merupakan salah satu bagian tubuh yang dapat menarik perhatian orang. Memiliki bibir yang sehat, merona dan bebas kering dan pecah-pecah merupakan dambaan setiap wanita. Namun sayangnya banyak orang yang mengalami bibir kering bahkan sampai pecah-pecah dan berdarah yang sangat mengganggu penampilan dan dapat mengurangi rasa percaya diri.

Salah satu penyebab utama bibir menjadi kering dan pecah-pecah adalah reaksi alergi terhadap makanan atau minuman dan bahkan cuaca yang buruk. Selain itu, kurangan vitamin c, kebiasaan merokok, dehidrasi, terlalu sering menjilati bibir sendiri, dan terlalu sering terkena paparan sinar matahari juga bisa menyebabkan bibir kamu kering.

Untuk mencegahnya, rajin-rajinlah minum air putih dan jangan sampai kekurangan asupan vitamin. Hindari juga pemakaian kosmetik yang mengandung alkohol, retinol, menthol, dan bahan kimia yang keras, membersihkan make-up sebelum tidur, berhenti merokok, juga kurangi menjilat atau menggigit bibir terlalu sering.

Ada beberapa bahan alami yang bisa dimanfaatkan sebagai masker bibir dan bantu kamu dalam mengatasi masalah bibir kering maupun pecah-pecah. Bahan alami tersebut antara lain adalah sebagai berikut.

1. WORTEL

Selain bagus untuk kesehatan mata, wortel sangat bermanfaat untuk melembabkan kulit bibir, menghilangkan sel kulit mati sekaligus memerahkan warna bibir kamu. Parut satu batang wortel lalu peras hingga diperoleh sari wortel.
Minum sari wortelnya dan oleskan ampas sisa perasan wortel pada bibir hingga merata. Jika dilakukan setap hari, bibir kering dan pecah-pecah akan hilang dan warna bibir menjadi lebih cerah.

2. MENTIMUN

Kandungan vitamin C dan air yang terdapat pada mentimun mampu mengembalikan kelembaban bibir secara alami. Caranya, pijat bibir kamu dengan irisan mentimun dua kali sehari untuk hasil yang terbaik.

3. LEMON

Lemon dapat mengelupas sel-sel kulit mati dan juga membersihkan kulit. Campurkan perasan air jeruk lemon dengan beberapa tetes madu dan oleskan pada bibir dua kali sehari. Cara lainnya yang bisa dicoba adalah campurkan satu sendok teh krim atau susu dengan beberapa tetes air lemon dalam wadah kecil. Letakkan wadah dalam lemari es selama 1 jam.
Oleskan bahan tersebut merata di bibir sebelum tidur, biarkan semalaman.
Cuci bersih keesokan harinya.

4. TOMAT

Vitamin C yang terkandung di dalam buah tomat cukup ampuh untuk mengatasi bibir kering. Selain untuk bibir kering dan pecah-pecah, tomat juga dapat memberikan warna cerah pada bibir. Oleskan bibir dengan sedikit irisan tomat, dan pijat pelan-pelan lalu biarkan sebentar selama 15 menit, bilas dengan air.

5. MADU

Cairan manis yang berasal dari lebah ini sejak zaman dahulu dipercaya sebagai bahan alami untuk merawat kesehatan dan kecantikan kulit. Bahan antibakteri dan nutrisi pada madu mampu mengatasi masalah bibir kering dan pecah-pecah serta membuatnya terlihat lebih merah alami. untuk mengobati bibir kering dan pecah-pecah. Oleskan madu asli pada bibir secara merata, diamkan selama 15 menit. Pijatlah secara perlahan. Lalu bilas dengan air bersih. Lakukan dua kali sehari agar bibir terlihat semakin lembab alami dan cantik.

6. SCRUB GULA

Mengelupas kulit mati dari bibir yang pecah-pecah akan membantu mengembalikan kelembutan bibir secara alami. Namun jangan sembarangan mengelupas bibir, yang ada bibir tambah pecah-pecah dan berdarah. Nah, sugar scrub atau scrub gula ini membantu pengelupasan sel kulit mati dari bibr, dan membantu melembutkan bibir. Cara membuatnya adalah dengan menyampurkan dua sendok teh gula dengan satu sendok teh madu atau minyak zaitun, lalu oleskan merata ke bibir dan gosok perlahan. Setelah 3-5 menit, bilas dengan air hingga bersih.

7. MAWAR

Bunga mawar selain indah, juga bermanfaat untuk menyembuhkan bibir pecah-pecah. Bunga ini juga akan membantu bibir tetap lembab dan meningkatkan pewarnaan yang bagus. Caranya rendam kelopak mawar yang sudah dicuc bersih dalam susu selama beberapa jam. Remat kelopak mawar menjadi adonan lembut. Lalu oleskan pada bibir kering 2-3 kali dalam sehari dan setiap malam sebelum tidur.

8. LIDAH BUAYA

Selain untuk perawatan kulit dan rambut, ekstrak lidah buaya juga dapat dioleskan pada bibir untuk membantu melembabkan dan menjaga bbir agar tetap lembut. Sebagai pelembab alami, lidah buaya memiliki sifat anti-inflamasi yang membantu untuk menyembuhkan rasa sakit akibat bibir kering dan pecah-pecah. Bahan ini juga memiliki sifat-sifat higroskopis yang dapat melembabkan bibir kering kamu.

9. MINYAK JOJOBA (JOJOBA OIL)

Anda bisa membeli bahan ini di supermarket. Minyak Jojoba dapat melembabkan dengan memelihara sel-sel dalam bibir. Minyak ini juga dapat membantu dalam membangun sel-sel kulit baru, yang pada gilirannya akan memperbaiki kulit bibir dengan cepat. Cara pemakaian pun cukup mudah. Ambil beberapa tetes minyak jojoba dan oleskan disertai pijatan lembut di daerah bibir yang pecah-pecah. Biarkan selama sekitar 15 menit. Lalu bilas dengan air bersih.

10. MINYAK KELAPA (COCONUT OIL)

Minyak kelapa adalah salah satu pelembab alami yang dipercaya dapat membantu menghaluskan dan melembabkan kulit. Vitamin dan zat antioksidannya dapat menyembuhkan bibir pecah-pecah dan kering. Oleskan minyak kelapa di bibir untuk menjaga bibir tetap lembab, juga setiap malam sebelum tidur untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

11. MINYAK JARAK (CASTOR OIL)

Castor oil merupakan pengobatan alami yang bagus untuk bibir kering dan pecah-pecah. Cukup terapkan minyak jarak ke bibir secara rutin beberapa kali sehari. Atau untuk hasil yang maksimal, campurkan minyak jarak dengan satu sendok teh gliserin dan beberapa tetes air lemon lalu oleska pada bibir sebelum tidur. Paginya, bersihkan bibir dengan kapas yang dicelupkan ke dalam air hangat. Lakukan tiap hari agar bibr kembali sehat.

12. SUSU

Susu dikenal ampuh melembabkan kulit, termasuk bibir. Kandungan nutrisinya tidak hanya bermanfaat untuk melembabkan bibir, tetapi juga menghaluskan, mencerahkan dan menyehatkan kulit bibir. Cara pemakaiannya sangat mudah, oleskan krim susu segar di bibir disertai pijatan lembut. Biarkan selama 10-15 menit. Celupkan bola kapas ke dalam air hangat lalu bilas cuci bibir secara lembut. Lakukan ini setiap hari, sehingga mempercepat pemulihan bibir pecah-pecah.

Sebenarnya, ada banyak produk yang dijual untuk mengatasi bibir kering dan pecah-pecah. Tapi bukankah bahan-bahan alami lebih aman digunakan untuk melembabkan bibir daripada produk-produk berbahan kimia lainnya?

Sumber: Cantiksehatkita.com

loading...

COMMENTS