Sukabumi Gelar Desiminasi Pencegahan dan Penanganan Anak Berhadapan dengan hukum

Kapolsek Parungkuda Kompol H Nusirwan saat memberikan penjelasan terkait pencegahan dan penanganan anak berhadapan dengan hukum, (Photo Fa,is Parsial.com)

Kabupaten Sukabumi,(Parsial.com) – Dinas Sosial Kabupaten Sukabumi Gelar kegiatan Desiminasi Pencegahan dan Penanganan Anak yang berhadapan dengan hukum. Kegiatan tersebut tepatnya di gelar di Aula kantor Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, Rabu (22/03/2017).

“Ini salah satu program Dinas Sosial di tahun 2017 yaitu desiminasi pencegahan dan penanganan anak, makanya dalam kesempatan ini kami menghadirkan narasumber dari kapolsek setempat dari segi hukumnya,” ungkap Kasi Penanganan Sosial Amanudin kepada Parsial.com di sela acara.

Lanjut Amanudin, pihaknya juga akan memberikan motivasi supaya orangtua lebih menjaga anaknya, perbedaan zaman berbeda pula cara penanganan anak.

“Kalau dulu itu tidak ada rasa kekawatiran apalagi anak laki-laki, tapi untuk sekarang ini tidak tertutup kemungkinan anak laki-laki juga bisa menjadi korban pelecehan seksual seperti pedopil misalnya,” tutur dia.

Berhubung program kegiatan ini baru di 2017 dan anggarannya terbatas jadi kami dari pihak Dinas Sosial baru bisa mengadakan di lima kecamatan, yaitu kecamatan yang mempunyai masalah terkait kasus anak-anak dibawah umur, diantaranya yang sudah kita lakukan beberapa hari ini Kecamatan Bojong Genteng, Cicurug, Parungkuda, kemudian minggu depan kami akan mengadakan kegiatan di dua kecamatan lagi, yaitu Kecamatan Sukalarang dan Kecamatan Gegerbitung.

“Mudah-mudahan kedepannya bisa di lakukan di semua kecamatan yang ada di sukabumi ini,”harapnya.

Sementara itu Kapolsek Parungkuda, Kompol H Nusirwan menambahkan, pencegahan pertama itu adalah orangtua harus harmonis dan perhatian serta mengawasi anak, kemudian pentingnya menanamkan Aqidah kepada anak sesuai dengan keyakinan kita masing-masing supaya anak itu menurut dan berbakti terhadap orangtua.

“Dan yang sudah dilakukan oleh jajaran Polsek Parungkuda melalui Babin Kamtibmas terkait dengan pencegahan terhadap anak supaya jangan terlibat kasus hukum diantaranya, bekerjasama dengan para tokoh masyarakat, seperti tentang bahanya Narkoba dan pergaulan bebas dan program rutin keliling seminggu sekali ke sekolah-sekolah,” tegasnya.

mudah-mudahan kedepannya dengan adanya perogram pencegahan tersebut parungkuda ini khususnya bisa terbebas dari kasus pelecehan seksual dan lain-lain.

Reporter : Fa,is
Editor: Anas

loading...

COMMENTS