Tingkatkan Ketersediaan Alat Praktek: SMK Karya Insani Gelar UKK, TKR dan TKJ 2017

SMK Karya Insani 3

Siswa SMK Karya Insani sedang mempersentasekan Uji Kompetensi Kejuruan (UKK) dalam bidang Teknik Kenderaan Ringan (TKR) yang dinilai langsung oleh Tim Aksesor Eksternal yaitu PT. Astra Internasional Toyota Auto 2000. (Fhoto Dok Parsial.com).

KABUPATEN BOGOR, (Parsial.com) – Dalam rangka meningkatkan ketersediaan alat praktek, Sekolah Menengah Kejuruan / SMK Karya Insani, Kecamatan Megamendung, Kabupaten Bogor, Jawa Barat menggelar kegiatan Uji Kompetensi Kejuruan (UKK) yaitu Teknik Kenderaan Ringan (TKR) dan Tehnik Komputer Jaringan (TKJ) pada tangal 24-25 Pebruari 2017 lalu.

Sementara, dalam pelaksanaan Uji Kompetensi Kejuruan (UKK) dalam bidang Teknik Kenderaan Ringan (TKR), pihak SMK Karya Insani mengandeng PT. Toyota Astra Internasional Toyota Auto 2000.

SMK Karya Insani 1

Kepala SMK Karya Insani, Mamat Ruhimat Spd didampingi pengawas SMK wilayah Ciawi, Drs. Ade Kuswanda Rudiyanto bersama Tim Aksesor eksternal, PT. Astra Internasional Toyota Auto 2000 dan STT Telematika Cakrawala Bogor. (Fhoto DokParsial.com)

Kemudian, untuk Teknik Komputer Jaringan (TKJ) nya bekerjasama dengan Sekolah Tinggi Teknologi Telematika (STT Telematika) Cakrawala Bogor.

Kaitan hal itu, Kepala SMK Karya Insani, Mamat Ruhimat Spd saat dikonfirmasi Parsial.com disela acara itu, Rabu (25/02) menjelaskan, kegiatan Uji Kompetensi Kejuruan (UKK) tersebut merupakan bagian dari rangkaian kegiatan Ujian Nasional (UN) yang wajib diikuti oleh seluruh siswa kelas XII.

Yang mana, kata Mamat, bertujuan untuk mengevaluasi ketersediaan alat praktek yang ada di sekolahnya, melalui verifikasi alat Uji Kompetensi Kejuruan (UKK) guna ketercapaian standar kompetensi dasar (SKD), serta menjalin hubungan kerjasama dengan dunia usaha dan dunia industri (DU/DI).

“Mudah-mudahan UKK ini dapat berjalan lancar sesuai dengan prosedur yang ditetapkan. Dan mendapatkan hasil sesuai dengan apa yang diharapkan pihak sekolah,” harap Mamat.

SMK Karya Insani 2

Siswa SMK Karya Insani sedang mengoperasikan komputer dalam Uji Kompetensi Kejuruan (UKK) dalam bidang Tehnik Komputer Jaringan (TKJ) yang akan dinilai langsung oleh Tim Pengawas Eksternal yaitu Sekolah Tinggi Teknologi (STT) Telematika Cakrawala Bogor. (Fhoto: Dok/Parsial.com).

Menyikapi hal itu, pengawas SMK wilayah Ciawi, Drs. Ade Kuswanda Rudiyanto mengatakan, SMK Karya Insani menurut dia sanggat layak untuk menggikuti Uji Kompetensi Kejuruan (UKK) tersebut. Sebab, kata Ade, ketersediaan alat praktek yang dimiliki pihak sekolah tersebut sangat memadai, baik pada sisi kompetensi TKJ maupun TKR.

Bahkan, ia mengapresiasi wacana pihak sekolah yang akan tetap memberikan bimbingan belajar kepada siswa kelas XII pasca Ujian Nasional (UN).

“Wacana ini sanggat positif dan perlu diikuti oleh sekolah lain. Sebab, ini jauh lebih produktif ketimbang anak di liburkan dirumah. Artinya, sambil menunggu izasah siswa tetap belajar disekolah,” pesan Ade.

Reporter: Anas
Editor: Ryian

loading...

COMMENTS