Penanganan Banjir Rancaekek Diawali dari Pembongkaran Kahatex

Wakil Gubernur Jawa Barat, Deddy Mizwar

Wakil Gubernur Jawa Barat, Deddy Mizwar

BANDUNG [parsial.com] – Berbagai langkah diupayakan Pemerintah Provinsi Jawa Barat dalam mengatasi permasalahan banjirrutin di Rancaekek, salah satunya dengan melakukan pembongkaran bangunan milik PT Kahatex.

“Sebagian sudah dibongkar, bertahap,” kata Wakil Gubernur Jawa Barat, Deddy Mizwar.

Ia mengatakan sudah disurvei penyebab lainnya agar penanganan banjir di Rancaekek bisa dilakukan hingga tuntas.

Seperti diketahui, Pemerintah Provinsi Jawa Barat bersama lima kabupaten/kota di cekungan Bandung menyepakati permodelan numerik yang akan menjadi panduan dalam penanganan banjir di kawasan itu.

Kesepakatan ini ditandai dengan penandatanganan bersama penanganan banjir yang dipimpin Wakil Gubernur Jabar, Deddy Mizwar, di Bandung, akhir tahun kemarin. Saat itu, kesepakatan ini dihadiri juga Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil, Bupati Bandung, Dadang Naser, serta perwakilan dari Pemerintah Kabupaten Bandung Barat, Sumedang, dan Kota Cimahi.

Dalam pernyataan itu, terdapat sejumlah hal penting yang menjadi fokus perhatian. Pertama, optimalisasi peran dari masing-masing pihak dinilai penting untuk mengurangi banjir secara komprehensif.

Selanjutnya, dilakukan pembagian peran ke dalam Rencana Aksi Multi pihak Implementasi Pekerjaan (RAM IP). Selanjutnya memadukan dan mengintegrasikan kebijakan dari pemerintah pusat, provinsi sampai kabupaten/kota.

sumber

loading...

COMMENTS