Desa Cibadak Ciptakan Tata Kelola Pemerintah yang Baik dan Bersih

Jajaran pemerintah Desa Cibadak, Kecamatan Sukaresmi, Kabupaten Cianjur bersama Babinsa dan Babinmas berpose bersama dibawa "Papan Baligo" realisasi anggaran desa tahun 2017. (Fhoto: Dedy/Parsial.com).

KABUPATEN CIANJUR (Parsial.com) – Pemerintah Desa Cibadak, Kecamatan Sukaresmi, Kabupaten Cianjur pada tahun 2017 ini mulai menjalankan kebijakan tata kelola pemerintahan yang baik dan bersih (Good governance). Hal itu, sejalan dengan tuntutan amanat Undang-Undang (UU) Nomor 14 Tahun 2008 Tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP).

“Kami tidak mau ada tudingan negatif dari warga, terkait penyalahgunaan wewenang dalam mengunakan anggaran. Semua anggaran desa, baik yang bersumber dari APBN dan APBD kami uraikan secara rinci melalui papan baligo.‬ Jadi, setiap saat warga bisa melihat langsung kondisi riil realisasi APBDesa Cibadak tahun anggaran 2017,” ungkap Sekdes Cibadak, Ridwan Gusmawandi kepada Parsial.com di kantornya, Rabu (22/3/2017).‬

“Dan itu sebagai bukti keterbukaan dan transparansi serta tanggung jawab kami di dalam menjalankan mandat masyarakat,” ujar Ridwan.

Ridwan menimpali, tahun 2017 ini Desa Cibadak memiliki APBDesa senilai Rp1,8 miliar. Anggaran tersebut, kata dia, digunakan untuk belanja publik seperti biaya penyelenggaraan pemerintah desa, pembangunan infrastrultur desa dan pemberdayaan masyarakat dan lain sebagainya.‪

Adapun, kata Ridwan, anggaran tersebut bersumber dari Pendapatan Asli Desa (PAD), Anggaran Dana Desa (ADD), Dana Desa (DD), Bantuan Keuangan Khusus (BKK) ) Provinsi, Bagi Hasil Pajak Retrebusi Daerah (BHPRD).

Masih kata Ridwan, bagi masyarakat yang ingin membutuhkan informasi lebih detail terkait program desa, pihaknya siap melayani permintaan tersebut sesuai dengan informasi yang dibutuhkan masyarakat itu sendiri.

‪Dengan demikian, ia berharap partisipasi aktif masyarakat tersebut mampu meningkatkan roda pembangunan di desa tersebut menuju arah yang lebih baik.‬

Reporter: Dedy
Editor: Anas

loading...

COMMENTS