Curug Sidomba Hadirkan Keindahan yang Unik dan Simple

curug sidomba

curug sidomba

KUNINGAN (parsial.com) – Curug Sidomba – Di edisi akhir pekan ini, kita akan membahas sedikit salah satu objek wisata yang berada di kabupaten Kuningan, Jawa Barat. Meski banyak objek wisata keindahan alam di wilayah tersebut, namun untuk kali ini yang menjadi fokus kita yakni air terjun atau bahasa Sunda dinamai curug.

Berlokasi di kaki gunung Ciremai, tepatnya desa Peusing kecamatan Jalaksana terdapata sebuah objek yang menggiurkan untuk dikunjungi bersama keluarga dan sahabat dalam menghabiskan akhir pekan. Berjarak 25 Km dari Cirebon dan 18 Km dari Kuningan pengunjung akan disajikan sebuah air terjun yang unik dan simple.

“Dari pusat ibu kota hanya butuh waktu 30 menit,”sebut, Rasti salah satu pengunjung.

curug sidomba

Fasilitas di Curug Sidomba

Curug sidomba berada di sungai yang jalurnya tepat mengalir di daerah ini, airnya cukup jernih, dingin dan segar bersumber dari mata air gunung Ciremai, sungai Curug Sidomba dibendung dan terdapat berbagai macam ikan, seperti ikan mas, dan ikan ‘Kancra Bodas’.

Di objek ini, kita dapat menikmati keindahan alam yang masih asri, tentunya didukung dengan fasilitas tambahan yang dibangun oleh pengelola. Beberapa fasilitas yang dapat dikunjungi yakni saung (Gazebo), Kantin, Kolam Renang, Flyngfox (Outbound), Mobil Domba, Kereta Mini, Motor ATV, Karaoke Out Dor, Karaoke Box, Kolam Pancing Anak, Gedung Serbaguna, Live music, Koleksi Hewan dan arena bermain anak.

Tidak hanya itu, di area ini juga tersedia camping ground yang banyak digunakan oleh sekolah – sekolah untuk mengadakan perkemahan di objek wisata ini. Sebuah mesjid megah dengan satu menara ASMA’UL HUSNA dengan jumlah 99 anak tangga juga menjadi daya tarik sendiri.

“Dari atas menara, dapat melihat keindahan alam kaki Gunung Ciremai yang sebagian wilayah masih rindang dengan pohon-pohon besar,”sebut Riyan, pengunjung lainnya yang takjub akan pemandangan yang dihadirkan.

Dari cerita warga setempat, curug ini awalnya ditemukan secara tidak sengaja pada tahun 2002 oleh beberapa siswa SMP Islam Terpadu Umar Sjarifudin (ITUS) Kuningan yang sedang mendaki gunung menyusuri sungai di lereng Gunung Ciremai dan mereka menemukan curug tersebut.

curug sidomba

Fasilitas di Curug Sidomba

‘Curug’ diambil dari bahasa Sunda yang berarti air terjun, dan ‘Sidomba’ dari nama binatang domba atau kambing karena di daerah ini banyak terdapat domba yang memiliki tanduk lebih dari dua. Air terjun curug Sidomba memiliki ketinggian 3 meter.

Curug Sidomba dapat menjadi salah satu alternatif tujuan dalam menikmati akhir pekan bersama keluarga.

Editor: Anas
Sumber Foto

loading...

COMMENTS