Ciptakan Gaya Hidup Sehat, DPP Pasar Cipanas Gelar Aksi Donor Darah

CIANJUR | PARSIAL.COM –Dewan Perwakilan Pasar (DPP) Pasar Cipanas dan K5 Pasar Cipanas bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) cabang Cianjur menggelar kegiatan bhakti sosial yaitu donor darah.

‪Kegiatan yang digagas oleh DPP Pasar Cipanas dan K5 Pasar Cipanas ini mengusung tema “Pasar Cipanas Peduli Donor Darah” dilangsungkan di ruang serbaguna kantor DPP Pasar Cipanas, Kamis (30/3/2017).

Sementara itu, menurut Sekretaris Jendral ( Sekjen) K5 Pasar Cipanas, Rudi Lazuardi mengatakan, pihaknya berjanji akan menyelengarakan kegiatan donor darah tersebut secara berkesenambungan, minimal tiga bulan sekali. Hal itu, guna mendukung program Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cianjur dibidang kesehatan.

‪”iya, nanti akan kami agenda minimal tiga bulan sekali,” janji dia.

“Apalagi tujuan proses donor darah ini untuk membantu gaya hidup sehat masyarakat Cipanas dan untuk meningkatkan ketersediaan bank darah di PMI Cianjur,” tegasnya.‬

‪Ia menambahkan, peserta donor terdiri dari komunitas pedagang pasar Cipanas, pembeli dan juga masyarakat umum yang mau mendonorkan darahnya.

Namun sebelumnya, kata dia, mereka terlebih dahulu melakukan pendaftaran untuk melengkapi data para pendonor, setelah itu baru dilakukan tes kesehatan.

“Persyaratanya itu saja, berbadan sehat, dan tidak dalam keadaan sakit. Kalau persyaratan sudah oke, baru dilakukan pengambilan darah,” ujarnya.‬

Kegiatan aksi donor darah sedang berlangsung diruang serbaguna kantor DPP Pasar Cipanas, Kamis (30/3/2017). Fhoto: Fais/Parsial.com.

‪Bagi dia, mengikuti donor darah dapat memberikan keuntungan bagi kesehatan tubuh. Sebab, dengan melakukan donor darah secara rutin minimal tiga bulan sekali dapat membantu memperlancar metabolisme tubuh, serta membantu sesama yang membutuhkan darah.‬

“Jadi mamfaatnya baik bagi kita, maupun bagi orang lain,” jelasnya.

‪Masih ditempat yang sama, Kepala Unit Pelayanan Teknis Daerah (UPTD) Pasar Cipanas, Kusmiaji menambahkan, program donor darah yang dilaksanakan pihaknya bersama PMI cabang Cianjur baru kali pertama dilaksanakan. Meski baru kali pertama, antusias para pendonor tergolong cukup tinggi.

“Sosialisasinya baru kemarin, tapi alhamdulillah, antusias para pendonor cukup tinggi. Tadi, acara baru saja kita mulai jumlah pendonor sudah mencapai 50 orang. Ini luar biasa,” pungkasnya.

Reporter: Dedy
Editor: Anas

loading...

COMMENTS