Tim Saber Pungli Kota Bogor Resmi Dikukuhkan

Walikota Bogor, Bima Arya saat pengukuhan unit Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli) dan Unit Pengendalian Gratifikasi Kota Bogor bersama Kapolresta Kota Bogor, AKBP Suyudi Ario Seto, Wakil Wali Kota Usmar Hariman dan Setdakot Bogor, Ade Syarip Hidayat di Paseban Sri Baduga Balaikota Bogor, Kamis (22/12).

KOTA BOGOR, (Parsial.com) -Unit Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli) dan Unit Pengendalian Gratifikasi Kota Bogor resmi dikukuhkan.

“Sesuai instruksi Presiden Joko Widodo, hari ini telah dikukuhkan tim saber pungli dari berbagai unsur gabungan Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor, Kepolisian, Kejaksaan dan perguruan tinggi untuk dapat membangun sistem pemberantasan punguntan liar, sekaligus meningkatkan kualitas kita terhadap pelanyanan publik,” kata Walikota Bogor, Bima Arya
di sela pengukuhan tersebut yang didampingi oleh Kapolresta Kota Bogor, AKBP Suyudi Ario Seto, Wakil Wali Kota Usmar Hariman dan Setdakot Bogor, Ade Syarip Hidayat di Paseban Sri Baduga Balaikota Bogor, Kamis (22/12).

Lanjut Bima, jangka waktu kepengurusan Unit Saber Pungli dan Unit Pengendalian Gratifikasi Kota Bogor berlaku satu tahun.

“Yang terpenting ada koordinasi baik dalam hal landasan peraturan, semuanya harus memiliki pemahaman yang sama tentang tupoksi, tidak ada kesalahan dalam penindakan di lapangan,” harapnya.

Kemudian, kata Bima, dengan kebersamaan ini tentunya tim bisa saling mengevaluasi setiap bulan, termasuk sanksi-sanksi bagi para pelanggar terkait pungli.

Ia juga memerintahkan kepada seluruh staf Pemkot agar terus berkoordinasi dengan Unit Saber Pungli dan Unit Pengendalian Gratifikasi.

“Jangan khawatir dalam menjalankan tugas, selama kita berpedoman terhadap aturan yang ada semua akan berjalan lancar, disisi lain koordinasi tim jangan sampai kendor agar upaya dalam memberantas pungli ini dapat berjalan dengan lancar,” paparnya.

Dalam pelaksanaanya, tim saber pungli akan mengahadapi berbagai tantangan. Kendati demikian, Bima meminta agar tim saber pungli menguatkan sinergitas untuk mengantisipasinya bersama-sama.

“Tim saber pungli dalam pelaksanaan tugasnya tentu akan menerima berbagai tantangan dan hal itu harus diantisipasi bersama, kita harus bersinergitas dalam melaksanakan tugas,” jelasnya.

Bima mengatakan Pemkot Bogor telah memberikan komitmen penganggaran untuk beroperasinya tim saber pungli.

“Kita telah mengganggarkan untuk kegiatan ini, dana yang disiapkan Pemkot Bogor sebesar Rp1 miliar,” jelasnya.

Anggaran tersebut berasal dari dana APBD di 2017 tahun depan.

“Semoga dengan komitmen anggaran APBD ini yang dapat merasakan manfaatnya adalah masyarakat, yang tadinya biaya dalam melakukan kegiatan ekonomi tinggi bisa berkurang,” tandasnya.

Reporter: Dicky/Iwan
Editor: Adam Saleh

loading...

COMMENTS