Polisi Buru Penebar Isu Indonesia ‘Dibanjiri’ Pekerja China

Karopenmas Divhumas Polri, Brigjen Pol Rikwanto

JAKARTA (parsial.com) – Dinilai meresahkan masyarakat dengan menyebarkan informasi yang dinilai hoax (bohong), pihak kepolisian memburu penyebar berita tentang Indonesia ‘dibanjiri’ pekerja dari China.

“Akan kita telusuri. Kan kita punya cyber pedrok, cyber time, cyber army juga untuk mengawasi hal-hal di dunia medsos (media sosial) yang tidak benar,” ujar Karopenmas Divhumas Polri, Brigjen Pol Rikwanto di Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Senin, (26-12-2016).

Brigjen Pol Rikwanto melanjutkan, berita tersebut tidak benar. Kini, Tim Cyber Crime Mabes Polri dan Polda Metro Jaya juga sudah melakukan pelacakan terkait akun yang mengunggah berita tersebut.

“Tentunya kita mencari sumber penyebar pengunggah pertama siapa. Tim lagi bekerja sudah ada informasi dari intelijen,” ucap Brigjen Pol Rikwanto.

Mantan Kabid Humas Polda Metro Jaya ini juga menjelaskan, untuk mengungkap pelaku tidak mudah karena berkaitan dengan digital forensik.

“Saat ini, tim sudah bekerja kurang lebih 3 sampai 4 hari untuk menelusuri dan tinggal menunggu hasilnya. Tentunya sudah kita temukan fakta-fakta hukum sesuai arahan bapak Presiden untuk mengusut,” pungkas Brigjen Pol Rikwanto.

Seperti diketahui, belakangan beredar informasi disejumlah media bahwa ratusan ribu warga china telah membanjiri Indonesia untuk bekerja. Hal tersebut membuat sejumlah kalangan masyarakat menjadi resah.

editor: Adam Saleh

loading...

COMMENTS