Perusahaan Ilegal, Sarang Burung Walet Akhirnya Ditutup

Satpol PP Kecamatan Cipanas Bidang Fungsi Umum, Holis saat melakukan insfeksi mendadak (Sidak) ke CV. Bintang Sejahtera (BS) selaku perusahaan budidaya sarang burun Walet di Desa Palasari, Kecamatan Cipanas, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat untuk melakukan penyegelan perusahaan tersebut lantaran belum memiliki IMB dan ijin budidaya sarang burung Walet, Selasa (27/12). (Fhoto: Dedy/Parsial.com).

KABUPATEN CIANJUR, (Parsial.com) – Budidaya sarang burung walet milik CV. Bintang Sejahtera (BS)
di Desa Palasari, Kecamatan Cipanas, Kabupaten Cianjur resmi di berhentikan paksa aktivitasnya oleh pihak Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Cipanas.

Sebagaimana diwartakan Parsial.com pada edisi Selasa (20/12) bahwa pihak pemerintahan Desa (Pemdes) Palasari merasa keberatan atas keberadaan perusahaan tersebut. Pasalnya, dari awal sampai perusahaan itu resmi beroperasi diduga belum mengantongi IMB dan ijin budidayanya.

“Saya bisa klaim perusahaan itu ilegal, lantaran selama ini kami pihak Desa Palasari belum pernah menerima dan mengeluarkan surat rekomendasi terkait IMB dan ijin budidaya burung waletnya,” ungkap Kepala Desa Palasari Jaya Wijaya BT kepada Parsial.com, kala itu.

Terkait hal itu, Satuan tugas (Satgas) penegak Perda, Satpol PP Kecamatan Cipanas Bidang Fungsi Umum, Holis hari ini Selasa (27/12) resmi menutup perusahaan ilegal tersebut.

“Karena perusahaan ini membandel dan tidak mau mengurus perijinannya, terpaksa kami tutup untuk sementara waktu. Dan kalau proses perijinannya mereka nanti sudah lengkap kita akan buka lagi,” kata dia.

Ia menandaskan, bila perusahaan itu tidak mau menempuh prosedur sebagaimana Perda Kabupaten Cianjur Nomor 09 Tahun 2005, pasal 20 ayat 1 disamping akan dilakukan penutupan juga akan dikenakan sangsi pidana selama enam bulan atau denda paling banyak Rp50 juta.

Reporter: Dedy
Editor: Adam Saleh

loading...

COMMENTS