Pemkot Bogor Kaji Relokasi PKL Malam Surken Ke Pasar Padasuka

Kegiatan ngantor Walikota Bogor, Bima Arya dan silaturahmi dengan masyarakat di Kantor Kelurahan Gudang, Bogor Tengah, Kota Bogor, Senin (5/12).

KOTA BOGOR, (Parsial.com) –Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor tengah mengkaji relokasi Pedagang Kaki Lima (PKL) malam di kawasan Suryakencana Bogor untuk dimasukkan ke dalam Pasar Padasuka, Kelurahan Gudang. Hal tersebut dilakukan untuk menjaga ketertiban dan kenyamanan masyarakat dari PKL malam.

“Kita upayakan bagaimana untuk koordinasikannya khususnya kawasan sekitar Kelurahan Gudang ini bisa lebih rapi dan tertib, apalagi lokasinya juga tidak terlalu jauh dari Istana Bogor dan Kebun Raya Bogor,” kata Bima saat mengunjungi Kantor Kelurahan Gudang di Bogor Tengah, Senin (5/12).
 
Lanjut dia, bahwa persoalan Pasar Padasuka ini pun telah ia koordinasikan dengan dinas-dinas terkait. Sebab, kata Bima, yang tak kalah pentingnya adalah memperhatikan persoalan sampah dan kemacetan serta lokasi parkir kendaraan. 

“Karena kesemrawutan ini jangan terus dibiarkan terjadi, seperti keberadaan para PKL yang berjualan di tempat-tempat yang tidak semestinya juga termasuk angkot-angkot yang ngetem sembarangan. Kalau ini terus ‘dirawat’ oleh oknum-oknum ya, akan terus berlanjut,” tegasnya.

Masih kata Bima, yang diperlukan saat ini adalah bagaimana mengatur para PKL. Sebab, di tahun 2017 mendatang Pemkot Bogor menginginkan kawasan sekitar Jalan Otista dan Jalan Suryakancana sudah rapi.

Sebelumnya, Camat Bogor Tengah Lili Sutarwili meminta agar area di belakang Pasar Padasuka yang terbengkalai, dipastikan status tanahnya agar bisa dibangun oleh Pemkot Bogor untuk menampung para PKL. Termasuk PKL yang berasal dari Jalan Suryakencana dan Otista. 

“Karena memang persoalan sampah dan PKL ini menjadi salah satu perhatian utama yang ada di Kelurahan Gudang. Oleh karena itu, kami meminta kepada Bapak Wali Kota supaya kiranya bisa mengkoordinasikan lahan yang ada itu untuk dapat dibangunkan sebagai tempat untuk menampung para PKL nantinya,” papar Lili. 

Hal senada diutarakan Lurah Gudang Heri Eriyadi,  menurut dia, persoalan sampah dan PKL itu menjadi salah satu fokus perhatiannya di samping bidang-bidang lainnya yang juga tak kalah mendesaknya untuk segera ditangani dan diselesaikan.

Keberadaan PKL malam di Jalan Suryakencana sudah semakin meresahkan. Hal ini disebabkan karena PKL malam yang menggelar lapak mereka di pinggir jalan Suryakencana, kini semakin menjadi-jadi. Menjelang tengah malam, para PKL kerap menggelar lapak hingga menutupi badan jalan, sehingga menyulitkan kendaraan yang akan melintasi Jalan Suryakencana.

Reporter: Abdul Razik
Editor: Adam Saleh

loading...

COMMENTS