Lima Juru Parkir Diciduk Tim Saber Pungli

Petugas tim saber pungli, Kabupaten Sukabumi menunjukkan barang bukti berupa uang tunai sebesar Rp176 ribu dari tangan kelima tersangka, Kamis (8/12). (Fhoto: Dok/Parsial.com).

KABUPATEN SUKABUMI, (Parsial.com) – Tim Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli) menangkap lima pelaku pungli bermodus juru parkir di Pasar Sagaranten, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Kamis (8/12).

Mereka menjadi target operasi pemberantasan pungli (OPP) karena kuat duagaan kongkalingkong dengan petugas oknum bendahara Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Perhubungan Sagaranten inisial PN.

Melalui koordinator Dishub Sagaranten ke lima juru parkir ini dibekali buku karcis, rompi dan kartu identitas parkir dengan menetapkan jumlah setoran per-hari senilai Rp20.000.

Barang bukti yang disita oleh tim saber pungli Kabupaten Sukabumi senilai Rp176 ribu dari para tersangka. (Fhoto: Dok/Parsial.com).

Barang bukti yang disita oleh tim saber pungli Kabupaten Sukabumi senilai Rp176 ribu dari para tersangka. (Fhoto: Dok/Parsial.com).

“Jadi setoran mereka ini tidak mengacu kepada jumlah karcis yang keluar, melainkan sistem setoran ditetapkan sebesar Rp20 ribu/hari. Dalam seminggu mereka setor Rp150 ribu dan dalam sebulan Rp300 ribu,” kata salah satu anggota tim saber pungli ke pada Parsial.com di sela Operasi Tangkap Tanggan (OTT) ke lima juru parkir tersebut.

Adapun kelima orang yang tertangkap tangan itu dianataranya Ade Iyan (44)warga Kampung Gudang Kecamatan Sagaranten, Iwan Gunawan (53)  warga Kampung Pojok Kecamatan Sagaranten, Sukandar (43) warga Bonlap Kecamatan Sagaranten, Sdarji Alias Apih (73) warga Kampung Cigadog Kecamatan Sagaranten dan Jek Pirman (44) warga Kampung Pasirhuni, Kecamatan Sagaranten.

Dari tangan tersangka, polisi menyita 13 buku karcis retribusi, serta uang tunai sebesar Rp176 ribu. Dan kelima orang tersangka ini sudah mendekam dibalik jeruji Polres Sukabumi sambil menunggu proses hukum berikutnya.

Reporter: Andi/Fais
Editor: Adam saleh

loading...

COMMENTS