Bangunan Sarang Burung Walet di Cipanas Diduga Belum Miliki IMB

Bangunan sarang burung walet di Desa Palasari, Kecamatan Cipanas, Kabupaten Cianjur, diduga belum mengantongi ijin mendirikan bangunan (IMB) alias bodong. (Fhoto: Dedy/Parsial.com)

KABUPATEN CIANJUR,(Parsial.com) – Bangunan sarang burung walet di Desa Palasari, Kecamatan Cipanas, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat diduga belum mengantongi izin mendirikan bangunan (IMB) termasuk dengan izin pengelolaan sarang budidaya walet tersebut.

“Saya bisa katakan itu ilegal, lantaran selama ini kami pihak Desa Palasari belum pernah menerima dan mengeluarkan surat rekomendasi terkait ijin sarang burung walet dan IMB-nya,” ungkap Kepala Desa Palasari Jaya Wijaya BT kepada Parsial.com di kantornya, Selasa (20/12).

“Malahan saya baru tahu hari ini ada bangunan dan budidaya sarang burung walet,” tegasnya.

Sementara itu, Kabag pungsional umum Kecamatan Cipanas, Holis SE, mengatakan pihak sangat menyayangkan keberadaan bangunan budidaya sarang burung walet jika belum melengkapi IMBnya.

“Karena jelas di Perda mengatakan sebelum melaksanakan kegiatan entah itu mau mendirikan bangunan atau melakukan kegiatan usaha adminitrasinya dulu di selesaikan supaya tidak di katakan kegiatan ilegal,” tuturnya.

Menyikapi hal itu, pihaknya akan segera menindaklanjuti tentang adanya bangunan tersebut.

“Kami akan berikan himbauan dulu untuk segera di selesaikan IMB nya, bila himbauan ini tidak di gubris maka himbauan untuk penghentian kegiatan pun akan kami lakukan,” tegasnya.

Karena pada dasarnya bangunan yang tidak memiliki IMB dan izin pengelolaan sarang walet itu jelas dapat merugikan pemerintah terutama dari pendapatan asli daerah (PAD) dari sektor sarang burung walet IMB.

Reporter: Dedy
Editor: Anas

loading...

COMMENTS