Warga Desa Sukawening Bogor Darurat DBD

BOGOR, (Parsial.com)– Sepanjang musim penghujan akhir-akhir ini, warga Desa Sukawening Kecamatan Dramaga Kabupaten Bogor dikabarkan satu kampung warganya terserang Demam Berdarah Dengue (DBD).

“Tepatnya di Kampung Cibeureum Kalong RT 01, 02 dan 03 warganya nyaris semua terserang wabah DBD,”ungkap staf KBIH Miftahul Khoer kepada Parsial.com, Rabu, (02/03).

Sementara, Kepala Desa Sukawening, Husen saat ditemui membantah, kabar miring tersebut. Pasalnya setiap ada warga yang dirawat di rumah sakit, dirinya selalu menjenguk.

“Jadi saya tahu persis penyakit yang di derita warga. Memang ada juga dari mereka yang terkena wabah DBD, tapi itupun hanya segelintir,”katanya.

Husen mengakui, yang menjadi biang keladi wabah ini karena belum selesainya pembuatan saluran septi tank komunal dan kaleng-kaleng kosong yang berserakan.

“Jenis nyamuk ini memang ada di air bersih yang tidak mengalir,”jelasnya.

Walaupun begitu kata Husen, pihaknya akan mengajak warganya menjaga lingkungan agar terhindar dari serangan wabah DBD.

“Rencananya RT 01, 02 dan 03 segera akan di foging,”ucapnya.

Terkait hal itu, Camat Dramaga Baehaki menghimbau kepada semua warga agar secepatnya melaporkan bila menghadapi kejadian luar biasa wabah DBD diwilayahnya.

“Agar penyebaran penyakit DBD dan nyamuk Aedes Aegypti tidak meluas,”pesan Baehaki.

Baehaki mengakui, pihaknya telah menerima surat edaran dari Bupati agar kesiapsiagaan menghadapi bila terjadi kejadian luar biasa DBD tersebut. Pemerintah Kabupaten Bogor melalui Dinas Kesehatan juga mendistribusikan logistik seperti insektisida, larvasida dan alat penunjang cepat diagnostik DBD.

“Saya harap masyarakat tidak panik bila menghadapi pemberitaan lonjakan kasus DBD. Tetapi tetap waspada dengan melakukanupaya-upaya yang sederhana,”himbau Baehaki.

Reporter :Dedi/Razik.

Editor: Adam Saleh

 

loading...

COMMENTS