Aplikasi Data Pintar Kota Bekasi Sudah Bisa Diunduh di Playstore

Walikota Bekasi Rahmat Effendi bersama Bapeda dan Sekda saat launching acara peresmian program tersebut.

KOTA BEKASI (Parsial.com) – ┬áBadan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Bekasi, Selasa (01/3) melaunching aplikasi data pintar yang bisa langsung di download di Playstore pada smartfren berbasis platform Android.

Kepala Bappeda Kota Bekasi, Jumhana Luthfi mengatakan dalam aplikasi tersebut, seluruh masyarakat, khususnya di Kota Bekasi dapat melihat 1600 data dalam satu aplikasi. Dengan aplikasi ini, kata dia, ada 9 kelompok data – data yang dikelola oleh dinas – dinas.

“Ini bisa langsung diunduh di playstore. Trennya sekarang kan sudah pakai hp yang canggih,” ujar Luthfi saat ditemui usai acara launching di kantor Bappeda Kota Bekasi.

Lebih lanjut ia mengatakan, dari 9 kelompok data tersebut terdiri dari data geografis dan demografi, pendidikan, kesehatan, ekonomi, infrastruktur, lingkungan hidup, keuangan, budaya dan pariwisata, serta sosial.

“Jadi ada satu data terpadu di Kota Bekasi sehingga tidak ada lagi berbagai persepsi terhadap data di Kota Bekasi. Semua ada mulai dari data Kepemilikan KTP, laju penduduk, bahkan dalam segi pendidikan, ada angka partisipasi murni, hingga jumlah rombel se- Kota Bekasi,” terangnya.

Sementara itu, Walikota Bekasi Rahmat Effendi yang meresmikan aplikasi Data Pintar mengungkapkan bahwa dengan diresmikannya aplikasi tersebut artinya kota Bekasi sudah maju sepuluh langkah ke depan. Ia juga berpesan kepada seluruh SKPD supaya bisa bekerjasama dan merubah pandang cara berpikir dan tugas tanggung jawab.

“Saya mengapresiasi Bappeda dengan adanya data pintar ini. Namun data ini tidak akan tersaji dengan baik kalau pola kerjanya masih monoton,” ungkapnya.

Reporter: Adhi

loading...

COMMENTS