TPST Nambo Siap Beroperasi Tahun Ini

TPST Nambo (Parsial.com)

BOGOR, (Parsial.com)–Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) Nambo di Kabupaten Bogor tahun ini siap dioperasikan, menggingat Tempat Pembuangan Sampah Akhir (TPA) Galuga sudah tidak layak lagi.

“TPA Galuga sudah tidak layak lagi, sebab banyaknya truk sampah yang melewati jalan lingkungan warga dan faktor lainnya. Oleh karena itu TPST Nambo yang sudah 80 persen  pembangunannya rampung, harus segera dioperasikan pada tahun ini,” ujar anggota DPRD Provinsi Jabar, Tengku Hanibal Asmar kepada Parsial.com, Jumat (29/01) lalu.

Hanibal  meminta, permasalahan uang kerahiman yang kurang dari Rp. 750 juta untuk 25 orang penggarap lahan tersebut, diharapkan dapat segera diselesaikan oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jabar.

“Saya lihat kurangnya dana kerahiman, tidak terlalu banyak dan itu harus bisa diselesaikan oleh Pemprov Jabar pada tahun ini juga,” katanya.

Politisi PPP yang membidangi Komisi III ini menjelaskan, DPRD dan Pemprov Jabar sedang membuat Peraturan Daerah (Perda) mengenai pengelolaan sampah.

“Dengan adanya Perda pengelolaan sampah nanti tidak hanya Depok, Kota dan Kabupaten Bogor yang bisa membuang sampah di TPST Nambo, termasuk DKI Jakarta,” jelasnya.

Hanibal menilai, DKI Jakarta tidak memberikan kompensasi sesuai tonase sampah, tetapi juga harus memikirkan aspek lainnya.

“Pemberian kompensasi jangan hanya berdasarkan tonase atau berat sampah, tetapi juga melihat aspek lainnya. Harus ada kerjasama yang lebih konkrit antara Pemprov Jabar, Pemprov DKI dan Pemerintah Pusat, karena masalah sampah di DKI adalah masalah nasional dan DKI adalah ibu kota negara,” jelas Hanibal.

Sementara Bupati Bogor Nurhayanti, mendukung rencana relokasi sampah ke TPST Nambo, dan harus dioperasikan tahun ini.

“Saat ini mesin pengelolaan sampah sedang dibangun. Dan apabila sudah selesai, maka TPST Nambo lebih ramah lingkungan,” harap Bupati.

Reporter: Dedy/Ali
Editor: Adam Saleh

loading...

COMMENTS