Ribuan Hektar Sawah di Sumbawa Gagal Tanam

ratusan Hektar sawah yang terendam banjir (Foto: Hermansyah/Parsial.com)

SUMBAWA BESAR, NTB- (Parsial.com)-Akibat tingginya curah hujan yang menguyur lahan pertanian diwilayah di Kabupaten Sumbawa, ribuan hektar lahan pertanian di wilayah itu akan mengalami gagal tanam.

“Akibat hujan deras yang menguyur tanah Sumbawa selama dua hari ini, mengakibatkan sawah para petani tidak bisa ditanami,” kata salah seorang perwakilan petani, H.M. Tahir kepada awak media, Minggu, (31/1).

Hal senada disampaikan oleh petani lainnya yaitu Sanusi, ia tidak bisa menanam padi hari ini karena genangan air disawahnya melebihi lutut orang dewasa.

“Kami juga tidak bisa menanam padi, menggingat genangan air disawah kami cukup besar, melebihi lutut orang dewasa” ungkapnya.

Seperti diketahui hari ini ada sekitar 50 hektar lahan milik petani yang akan siap tanam. Tapi dikarenakan air besar, maka petani tidak jadiĀ  menanam. Bahkan padi yang sudah ditanam oleh petani pun, kini sudah tertutup oleh genangan air.

“Apa bila air juga belum surut, bisa dipastikan Desa Penyaring Kecamatan Moyo Utara, Kabupaten Sumbawa banyak yang akan gagal panen,” paparnya.

Reporter: Hermansyah Idris

loading...

COMMENTS