Pemkot Bekasi Kembangkan Ekonomi Kreatif Melalui Smart City Forum

KOTA BEKASI (Parsial.com)-Pemerintah Kota Bekasi melalui Dinas Tata Kota (Distako), Kamis (28/1) meresmikan sebuah gagasan baru guna menjadikan Kota Bekasi sebagai ikon pertumbuhan ekonomi kreatif dengan memanfaatkan ruang publik sebagai dayatarik bagi aktivitas pelaku usaha mikro.

Keterlibatan publik dalam menata Kota Bekasi patut diapresiasi. Hal itu ditandai dengan dimulainya struktur formal seperti RT/RW, hingga pelaku komunitas tergerak  untuk memoles Kota Bekasi agar lebih nyaman dan layak huni.

Berbagai upaya Pemerintah Kota Bekasi dalam menggali potensi untuk meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD), pun terus dilakukan. 

Kepala Dinas Tata Kota (Kadistako) Koswara mengungkapkan Planet Kreatif salah satu trobosan  yang sedang digagas oleh Bekasi Smart City Forum. Planet Kreatif ini sebagai upaya Pemkot Bekasi untuk menyediakan tempat yang representatif bagi aktivitas penggiat komunitas dan pelaku ekonomi kreatif.

“Kita sedang mendirikan station untuk penggiat komunitas dan pelaku ekonomi kreatif. Kita beri nama Planet Kreatif,” kata Koswara yang juga Ketua Bekasi Smart City, kepada Parsial.com.

Lanjut Koswara, Planet Kreatif ini nantinya akan menjadi basecame semua komunitas Kota Bekasi dan pelaku ekonomi kreatif. Bagi pelaku ekonomi  kreatif tempat ini bisa menjadi tempat usaha. Mereka bisa melakukan usaha-usaha kreatif di tempat tersebut.

Karena, kata Koswara, Planet Kreatif menjadi destinasi utama jika berkunjung ke Kota Bekasi. Orang yang berkunjung ke Bekasi bisa menemukan berbagai keunikan dan kreatifitas di Planet Kreatif, dimana dengan adanya Planet Kreatif akan didorong menjadi branding baru Kota Bekasi.

“Bicara branding city tak lepas dari  produk, destinasi wisata, kuliner, culture dan lainnya. Nah, Kota Bekasi memiliki Planet Kreatif,” jelasnya.

Pria yang biasa disapa Kang Kos ini, menambahkan branding city sudah harus dimulai oleh Kota Bekasi dalam memasuki pasar ASEAN. Jika Kota Bekasi tidak memiliki ciri khas atau branding  kuat sulit untuk bisa bersaing. Kota Bekasi harus dikenal sebagai Kota Kreatif di ASEAN.

“Planet Kreatif ini sebagai titik awal menuju branding city. Jika Jogja dikenal sebagai kota budaya, Milan sebagai Kota Mode, Kota Bekasi akan dikenal sebagai Kota Kreatif dengan Planet Kreatifnya,” tutupnya.

Rep: Adhi

loading...

COMMENTS